MUBA Terkini

Daerah Perlu Manfaatkan Hilirisasi

foto : istimewa

DAERAH butuh hilirisasi untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam [SDA]-nya, salah satu hilirisasi tersebut, yakni inovasi. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah [Sekda] Kabupaten Muba, Apriyadi saat menjadi Panelis pada Webinar “Investasi untuk Daya Saing Saatnya Daerah Jemput Bola,” di Ruang Rapat Sekda Muba, kemarin.

Apriyadi menyampaikan inovasi dan strategi memanfaatkan potensi investasi hijau di Kabupaten Muba dengan program strategis menjemput bola yaitu salah satunya dengan mengelola komoditas kelapa sawit dan  komoditas karet.

“Mengenai peluang dan tantangan, saya satu pendapat bahwa daerah memerlukan hilirisasi terhadap potensi yang ada, untuk hilirisasinya adalah inovasi, salah satunya yang sudah kami lakukan di Kabupaten Muba, walaupun ditengah pandemi COVID-19 ini kita tetap laksanakan,”paparnya.

Komoditas sawit sebut dia dengan luasnya sebesar 182.463 Ha, begitu juga dengan karet luasnya sebesar 337.052 Ha.

Potensi kebun kelapa sawit ini, tambahnya sangat besar begitu dengan karet.“Nah, kalau sawit ini mayoritas besar dikuasai oleh perusahaan, sedangkan karet mayoritasnya besarnya dikelola oleh masyarakat,”terangnya.

Dua komoditas ini yang akan dikembangkan nantinya di Muba. [***]

 

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top