Kebijakan

Cegah Penyebaran Virus Corona, OKI Siagakan OPD

Foto : istimewa

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir [OKI] siagakan seluruh  Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna menangkal, mengantisipasi dan mencegah penyebaran novel coronavirus (2019-nCov) dengan memantau warganya yang baru pulang dari luar negeri.

Himbauan tersebut disampaikan Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE melalui surat edaran tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus corona.

Pada surat edaran dengan Nomor: 109/SE/Dinkes/2020 tersebut Bupati Iskandar meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meningkatkan koordinasi dalam mencegah dan mendeteksi penyakit tersebut.

Dinas terkait juga diminta melakukan pengawasan intensif terhadap warga yang baru pulang bepergian dari luar negeri selama 14 hari kedatangan.

Kepada petugas fasilitas kesehatan pertama (puskesmas, poskesdes, posyandu) diminta untuk melakukan rujukan standar ke RSUD Kayuagung jika ditemukan kasus infeksi corona virus.

Meski demikian, Bupati menyarankan warganya untuk tidak panik jika mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan pernapasan, warga diminta segera mencari pertolongan ke pusat layanan kesehatan terdekat.

Warga dihimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi, makanan yang telah dimasak sempurna, menjaga kebersihan lingkungan, memperbanyak minum air putih dan rutin berolahraga.[***]

Laporan  : indra/OKI

 

 

Comments

Terpopuler

To Top