Kebijakan

2 Sungai Di Palembang Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Foto : Faldy

Sumselterkini.co.id, Palembang – Pemerintah Kota ( Pemkot) Palembang  menargetkan pada 2023, dua anak Sungai Musi  di Palembang bakal didorong  menjadi destinasi obyek wisata baru.Dua anak Sungai Musi tersebut, yakni Sungai Sekanak dan Sungai Lambidaro yang  di Kelurahan 8 Ilir.

Dengan adanya destinasi baru itu Palembang optimistis dapat lebih mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor pariwisata.

Sektor pariwisata memang seharusnya digenjot Palembang, dengan alasannya karena potensinya masih cukup besar.

Oleh sebab itu, tidak salah juga jika  Palembang bisa mengadopsi dari pariwisata Vietnam. Karena Industri pariwisatanya memang sangat menjanjikan untuk mengeruk devisa. Potensi dan peluang yang menjanjikan tersebut sangat disadari pemerintah Vietnam. Itulah sebabnya, kini Vietnam gencar mempromosikan pesona setiap jengkal wilayahnya.

Salah satu andalan Vietnam di antaranya wisata Sungai Mekong yang membelah Provinsi Tien Giang. Dengan menggunakan perahu yang berkapasitas 20 orang, wisatawan dari berbagai belahan dunia diajak menyusuri sungai berkedalaman 15 meter. Sungai tersebut selama ini memang menjadi pusat lalu lintas dan kegiatan ekonomi masyarakat. Tak heran jika sepanjang sungai banyak dijumpai perahu bermuatan berbagai komoditi seperti kelapa, tebu, pisang, dan pasir, dan feri yang mengangkut penumpang.

Disana wisatawan kemudian diajak singgah di Pulau Phoenix. Untuk mencapai pulau ini rombongan wisatawan harus menyambung dengan sampan kecil berkapasitas lima orang dengan menembus Hutan Water Coconut atau Kelapa Air.

Di Pulau Phoenix wisatawan dikenalkan pada hasil bumi dan kerajinan tangan penduduk setempatkalau di Indonesia dikenal dengan wisata agro. Di sana, wisata semacam itu dimulai dari kebun buah sambil mencicipi buah-buahan tropis.

Wisatawan juga diberi kesempatan untuk mengenal lebih jauh usaha kecil setempat mulai dari pembuatan tikar, tas, sandal dan berbagai jenis obat kuat yang terbuat dari madu asli. Turis juga berkesempatan mencicipi makanan tradisional seperti uli yang dibentuk seperti bola maupun manisan kelapa. Pengunjung juga diajak mengenal budaya setempat melalui petunjukan nyanyian dan musik tradisional di tiap lokasi yang dikunjungi.

Nah, dari gambaran singkat ini mungkin bisa membuka peluang untuk Palembang menjadikan anak Sungai Musi menjadi  destinasi baru.

“Ada beberapa sungai yang akan di restorasi, dan kedepannya akan menjadi Wisata baru di Palembang,” ungkap Walikota Palembang, Harnojoyo saat ditemui di Graha Unsri Bukit Besar Palembang, Rabu(6/2/19).

Ketua Komunitas Pecinta Antik Sriwijaya (KompakS) Palembang, Hirmeyudi, gebrakan Pemkot periu diapresiasi, apalagi ada keseriusan Walikota untuk merestorasi kedua sungai tersebut, dan  merupakan langkah awal yang tepat.

“Kedua sungai itu punya nilai sejarah dalam peradaban Palembang,” jelasnya.

Banyak kisah sejarah yang bisa diambil, untuk menunjang sektor pariwisata itu nantinya, karena memang sungai – sungai di Palembang ini punya nilai penting pada masa lalu.

Mungkin ke depannya KompakS berharap pemkot juga bisa melirik sungai – sungai penting lainnya seperti Sungai Melayu yang ulunya ada di Kaki Bukit Siguntang, kini berubah nama menjadi Sungai Kendaten dan Sungai Tatang serta Sungai Pelimbangan atau Sungai Kedukan Bukit.

“Ketiga sungai tersebut, punya nilai sejarah Sriwijaya dan Asal Kota Palembang yang terkandung di dalamnya, mungkin bisa dijadikan Destinasi wisata sejarah baru di Palembang,” terangnya.[**]

Penulis : Faldy

Comments

Terpopuler

To Top