Industri Kreatif & UKM

Ini Perlu Dilakukan Masa Pandemi,Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi

PANDEMI COVID-19 menghambat semua sektor kehidupan masyarakat. Perlu langkah kolaborasi dan inovasi untuk menghadapi pandemi belum diketahui kapan berakhir ini.

Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga melalui keterangan resminya Jumat (30/7/2021) mengatakan, dari sisi e-commerce, pihaknya terus berusaha melakukan inovasi agar konsumen nyaman untuk berbelanja online.

“Platform juga membuka kerja sama dengan retailer untuk semakin melengkapi kebutuhan konsumen. Jadi berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat supaya mereka tidak lagi terlalu sering harus berbelanja dengan cara konvensional,” kata Bima.

Terpisah, Head of Corporate Communications Traveloka Reza Amirul Juniarshah menambahkan, berbagai inovasi dan inisiatif dilakukan untuk mengatasi pandemi.

Di antaranya, Traveloka Clean Partners, mendorong para mitra untuk berkomitmen dalam menerapkan protokol kesehatan tempat dan pelaku wisata tersebut meliputi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) yang ketat.

Selain itu memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus. Reza mengataka pihaknya hingga saat ini telah menggandeng lebih dari 2.200 mitra untuk Traveloka Clean Partners.

Beragam inovasi fitur seperti yang mengedepankan fleksibilitas bagi pengguna, seperti Online Xperience Tur Virtual, memberikan solusi alternatif untuk memperoleh pengalaman seru tanpa perlu meninggalkan rumah.

Buy Now Stay/Fly/Use Later, memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan berbagai kebutuhan gaya hidup di Traveloka dengan periode yang fleksibel sesuai kebutuhan.

Pay Upon Check In dan Easy Reschedule, menawarkan fleksibilitas pembayaran langsung saat check-in di hotel serta kemudahan dalam mengatur ulang periode inap maupun perjalanan.

Menurut Reza, pihaknya juga melakukan Tes COVID-19, bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra di seluruh Indonesia untuk menghadirkan 450 pilihan produk layanan tes COVID-19, baik In Clinic maupun Drive Thru.

“Produk ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap deteksi dini COVID-19 untuk memutus rantai penyebarannya. Traveloka Eats Delivery and Order Now, juga mendukung gerakan social distancing dan contactless order guna mencegah penyebaran COVID-19,” kata Reza.

Lanjutnya Reza, saat ini pihaknya bermitra dengan lebih dari 8.000 restoran di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi untuk layanan pesan antar.

Ada juga program Traveloka LIVE yang menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka.

Sebagai upaya mendukung program vaksinasi nasional pemerintah, Reza mengatakan, pihaknya juga mendirikan sentra vaksinasi yang dilakukan di beberapa kota, seperti di Yogyakarta dan Tangerang Selatan.

Sentra vaksinasi di Yogyakarta pada April 2021 ada lebih 8.000 penerima vaksin dalam lima hari pelaksanaan dan di Tangerang Selatan, Mei 2021 ada lebih 4.000 penerima vaksin dalam tiga hari pelaksanaan.

Vaksinasi juga dilakukan di Bandara Soekarno Hatta pada Juli 2021, ada sekitar 14 ribu penerima vaksin dalam dua pekan pelaksanaan.

“Sentra Vaksinasi juga dilakukan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan MNC Peduli pada Juli 2021, ada sekitar 2300 penerima vaksin dalam lima hari pelaksanaan,” kata Reza.InfoPublik/Foto: Traveloka(***)

Ril

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com