Features

Makanan Siap Santap, Memperkuat Semangat di Tengah Pandemi

Dampak pandemi covid dirasakan oleh semua bidang kehidupan. Bukan hanya protokol kesehatan yang harus dilaksanakan. Juga sekedar vaksin. Tapi, urusan perut pun tak boleh dilupakan.
Pembatasan untuk menghindari kerumanan dan mengurangi mobiltas maupun aktivitas tentu membuat daya beli dan kemampuan menyiapkan konsumsi juga berkurang. Bukan tidak mungkin, perut yang lapar membuat potensi terjangkit covid 19 pun meningkat.
Kepedulian sesama, yang mampu berbagi dengan mereka yang pada posisi kekurangan, tentu menunjukkan adanya perhatian dan rasa prihatin bersama.
Menyadari kondisi ini, GH Corner yang membuka usaha kuliner dengan menu-menu timur tengah di Palembang pun memberikan kepeduliannya. Di saat bisnis kuliner juga terdampak, tidak lah membuat rasa pedulinya luntur.
Fadle, manajer GH Corner, mengemukakan bahwa, pihaknya membuka kesempatan kepada masyarakat yang ikhlas untuk berbagi bersama. “Dengan menu-menu yang ada, kami pun menyisihkan sedikit keuntungan. Kami buka Dapur Prihatin Bersama. Kami ketuk kepedulaian sesama untuk berbagi. Dari dana yang ada, kemudian, disiapkan menu-mnu makan siang siap santap,” ujar Fadle.
Pembagian paket makan siang gratis itu, dilakukan untuk makan siang. “Sedikitnya disiapkan 100 porsi setiap hari,” tambah Raja Ibrahim Syakur, Penanggung Jawab Dapur Prihatin Bersama.
Mengapa dipilih makan siap santap, menurut Fadle, untuk memudahkan warga yang terdampak. “Sehingga mereka tidak perlu beli gas, atau tak perlu masak nasi lagi. Tinggal santap,” paparnya,
Untuk memastikan paket siap santap itu diterima mereka yang benar-benar butuh, mereka berkoordinasi dengan ketua RT setempat. Terkadang, mereka yang terdata menerima diundang ke gerainya di Jalan Letkol Iskandar, Palembang.
Terkadang mereka turun langsung ke rumah-rumah warga. Nantinya, bukan hanya makan siang, tapi juga untuk makan malam. Kini, sudah hampir dua minggu pembagian makan siap santap itu dilaksanakan.
Ibu Vivi, seorang ketua RT di Kelurahan 14 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang menyambut baik apa yang telah dilakukan GH Corner. “Pihak GH Corner telah melakukan langkah kreatif sekaligus menghimpun kepedulain mereka-mereka yang ikhlas berbagi utnuk orang banyak. Dan, mereka juga berkoordinasi dengan pihak RT.
Apa yag dilakukan dengan porsi siap santap ini, tentu tidak lah serta merta menyelesaikan kebutuhan semua warga Palemang akan konsumsi di era pandemi yang berdampak terhadap kehidupan orang banyak.
“Tetapi, paling tidak, ini memberikan ganbaran, bahwa di masa pandemi, saat semua orang terdampak, ternyata masih ada yang peduli dan mau berbagi bersama,” ujar Hermanto, seorang tokoh masyarakat. (nasir)

Comments

Terpopuler

To Top