Ekonomi

5 Komoditas Sumbang Ekspor Sumsel di Masa Pandami

Foto : ilustrasi/AJNN.net

LIMA komoditas di Sumsel menyumbang ekspor selama dua bulan belakangan, meski masih dalam Pandemi Covid-19. Lima komoditas utama, antara karet, batubara, sawit, pulp dan kertas tisu.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumsel Tri Endang Wahyuningsih mengatakan, kegiatan ekspor bulan ini didominasi tiga negara, antara lain  Tiongkok, Korea Selatan dan Malaysia. Namun untuk sementara ekspor tidak dilakukan ke Negara Paman Sam [Amerika Serikat] setelah wabah covid-19 masih tinggi yang menyebabkan mereka melakukan pembatasan.

Peningkatan nilai ekspor menurutnya terjadi pada lima negara tujuan utama, yaitu Tiongkok naik sebesar US$ 27,50 juta, Malaysia naik sebesar US$ 15,11 juta, Korea Selatan naik sebesar US$ 10,90 juta. India naik sebesar US$ 2,09 juta, dan Jerman naik sebesar US$ 1,54 juta.

“Sementara itu, lima negara tujuan utama lainnya yaitu Vietnam, Kamboja, Latvia, Amerika Serikat dan Jepang mengalami penurunan nilai ekspor,”tulis Endang dalam keterangan rilisnya, Selasa [18/8/2020].

Berdasarkan data BPS Sumsel, pada Juli 2020 ekspor Sumsel senilai US$ 294,75 juta atau naik 19,50 persen dari bulan sebelumnya.Terdiri dari ekspor migas sebesar US$ 22,07 juta dan US$ 272,68 juta merupakan hasil ekspor komoditi nonmigas.[***]

Ril

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com