MUBA Terkini

Tanah Wakaf Harus Miliki Sertifikat, Bupati Muba Ajak Masyarakat Manfaatkan PTSL

BUPATI Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi menghadiri rapat kerja Pemerintah Kecamatan Keluang bersama Kantor Urusan Agama Keluang, dalam rangka sosialisasi haji mobile dan cara pengurusan wakaf fasilitas keagamaan, di Aula Kantor Camat Keluang, Kamis (2/9/2021).

Dalam sambutannya Sekda Muba apresiasi atas inisiasi KUA bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Keluang untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait pendaftaran haji secara mobile dan pengurusan tanah wakaf kepada lembaga keagamaan.

“Terkait wakaf sekarang ada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Muba tolong manfaatkan, daftarkan tanah yang sudah diwakafkan untuk di sertifikatkan karena itu gratis. Jangan sampai ada mis persepsi terkait wakaf,” ujarnya.

Disamping itu, pada sosialisasi yang diikuti para kepala desa, lurah, pengurus masjid, mushola, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Keluang ini, Apriyadi menghimbau serta menitipkan untuk menjaga kerukunan antar sesama dalam mendukung konsistensi Muba zero konflik sosial.

“Karena dengan luasnya wilayah Muba dan kesibukan dalam menjalankan roda pemerintahan terkadang dari pihak pemerintah dan pihak keamanan terkadang kurang mengetahui terkait terjadi konflik sosial ini. Oleh karena itu kami titipkan kepada bapak ibu di desa masing-masing, untuk menjaga jangan sampai terjadi konflik sosial,” imbau Sekda Muba.

Untuk masalah pandemi COVID-19, ia meminta kepada masyarakat jangan lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan, walaupun Bumi Serasan Sekate saat ini sudah masuk zona kuning.

“InsyaAllah kita berdoa agar masyarakat Muba bisa melakukan kegiatan normal seperti yang pernah kita lakukan pada saat sebelum wabah Covid-19 melanda,” tandasnya.

Sementara Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi melaporkan, kegiatan tersebut diikuti para kades ades lurah se Kecamatan Keluang, dan pengurus masjid, mushola serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Disini kami menginisiasi bersama KUA melaksanakan sosialisasi terkait haji mobile dan tanah wakaf untuk fasilitas keagamaan, agar KUA menyampaikan dan memberi pemahaman kepada masyarakat,” kata Debby.

Ia juga melaporkan bahwa saat ini di Kecamatan Keluang sudah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. “Saat ini di Keluang sudah memulai pembelajaran tatap muka, dan sudah kami lakukan peninjauan bahwa sekolah-sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Turut hadir diantaranya, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Muba H Muhammad Albar Lc MHI, Kepala KUA Kecamatan Keluang Amir Mukmin SPdI, Forkopimcam Keluang, dan para kepala desa, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pengurus masjid juga musholla.(***)

Ril

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com