Oleh : As
SUMSELTERKINI.CO.ID, PALEMBANG – Dampak kenaikan dollar AS terhadap rupiah belum berpengaruh besar terhadap pemasaran dan penjualan produk minyak pelumas/Oli /Pelumas mesin sintetis mesin mobil 1 menyusul meningkatnya penjualan kendaraan masih sangat tinggi di Indonesia.
“Apalagi pihak pemasaran selalu melaksanakan program-program yang disampaikan melalui program mobil royalti club dan promosi langsung ke customer untuk dapat menjaga harga penjualan,” jelas Presiden Direktur Exxon Mobil Lubricants Indonesia, Syah Reza kemarin.
Menurutnya selain itu pelumas sintetik Mobil 1 adalah pelumas yang di rekomendasikan lebih dari 55 produsen mobil seperti Porsche, Mercedes-Benz, Toyota, Honda dan General Motors.
Mobil 1 adalah pelumas mesin sintetik unggulan yang dirancang untuk bekerja dan memberikan perlindungan dalam kondisi yang paling berat sekalipun. Mobil 1 memberikan performa dan perlindungan terbaik terhadap keausan mesin.
Syah Reza mengatakan produk unggulan ini khusus untuk roda empat jenis mobil luar produk sintetis, sedangkan untuk kendaraan-kendaraan seperti truk dan bis adalah jenis Mobil Delvac.
“Untuk perkembangan sekarang ini masih cukup bagus karena tim kita sudah lengkap dan langsung pasarkan ke bengkel-bengkel customer. Sedangkan untuk perkembangan pasar saat ini pergerakannya masih dalam monitor,”urainya.
Dia menerangkan suatu produk harus dilihat bagaimana pergerakan di pasar itu sendiri dari customer, ini bisa dilihat dari aspek-aspek lain dalam penyediaan barang dan program-program dari marketing dan harga adalah sesuatu hal yang menjadi perhatian customer,” jelasnya.
Sementara itu Indra Sulistiyo, Branch Manager PT Supra Indolub Prakarsa mengatakan keunggulan dari produk oli Mobil 1 sudah brand internasional karena produk ini adalah salah satu sponsor dari Rad Bull di Formula One dan club sepak bola Bali United.
“Mobil 1 ini untuk kendaraan prodak flagsaip harganya premium keatas,” jelas Indra di sela-sela Grand Opening PT Supra Indolub Prakarsa, Sabtu, (6/10) di komplek pergudangan Cosmo Biz Land Blok C5 Jalan Alang-Alang Lebar (depan terminal Km 12) Palembang.
Menurutnya, produk oli ini sudah ada sebelumnya di pasaran Sumsel bahkan Sumbagsel pada tahun lalu. “Sempat ganti, makanya orang banyak nyariin. Dengan adanya kita hadir sebagai distributornya, maka orang sempat lupa dan beralih ke merek lain, dengan ini akan kita ingatkan kembali dengan pelumas merek MOBIL,” jelasnya.
Bahwa beberapa bulan sebelumnya, belum ada distributor mensuplai ke customer automotif sehingga pemasarannya terhambat.
“Selama ini memang sempat kekosongan distributor, tapi dengan berjalannya waktu ditunjuk kami sebagai distributor resmi untuk mengisi kekosongan supply, sehingga kini sudah mulai ada dipasaran lagi,” ungkapnya.
Minyak pelumas keluaran Amerika ini didukung dengan program marketing supaya bisa sampai ke konsumen.
“Strategi saya didukung dengan program marketing supaya bisa sampai ke konsumen dengan trade promo ditujukan untuk bengkel dan konsumen promo itu ditujukan untuk konsumen langsung,” paparnya.
Jika ditanya soal volume sekarang, menurutnya belum tahu pasti angkanya, namun pihaknya punya target setiap toko-toko di Sumsel ini 80 % harus ada produknya. [**]