Pendidikan

Studi Delta Global ungkap dua pertiga konsumen barang mewah di APAC akan kurangi dukungan mereka terhadap merek yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan

Konsumen Gen Z di APAC mengatakan mereka bersedia membayar premi sebesar 28% untuk merek-merek mewah yang memprioritaskan inisiatif keberlanjutan

93% konsumen barang mewah di APAC bersedia mendukung atau membelanjakan lebih banyak uang untuk merek-merek mewah yang secara aktif mempromosikan dan mengomunikasikan inisiatif keberlanjutan mereka, namun hampir sepertiga konsumen di Hong Kong dan Asia Tenggara menyatakan bahwa mereka kurang memiliki pengetahuan yang cukup tentang upaya merek favorit mereka dalam mewujudkan keberlanjutan. domain ini
Konsumen barang mewah di APAC memberi peringkat pada nilai-nilai merek, dampak dunia nyata, dan inisiatif keberlanjutan yang setara dengan nama merek ketika membuat keputusan pembelian

Sumselterkini.co..id, HONG KONG SAR – Media OutReach – Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh spesialis kemasan mewah dan ramah lingkungan terkemuka, Delta Global, menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan sedang meningkat dan semakin berdampak pada cara konsumen berbelanja barang-barang mewah. Studi komprehensif bertajuk “Navigating a Greener Future” dilakukan pada Agustus 2023 oleh firma riset pasar yang berbasis di Hong Kong, Inspiratif-i, dan mensurvei lebih dari 2.000 konsumen barang mewah dari Gen Z hingga Gen X (usia 18–55) di Hong Kong, Australia, Malaysia , Singapura dan Tiongkok daratan. Penelitian ini menyelidiki dampak keberlanjutan terhadap perilaku pembelian konsumen barang mewah – khususnya di kalangan Gen Z dan Milenial, yang akan menjadi konsumen barang mewah terbesar pada tahun 2030[1].

Robert Lockyer, Pendiri dan Chief Client Officer Delta Global, meluncurkan laporan “Navigating A Greener Future”

Studi tersebut mengungkapkan bahwa komitmen keberlanjutan memiliki dampak yang luar biasa terhadap loyalitas merek. Mayoritas responden mengatakan mereka akan berhenti membeli atau membeli lebih sedikit produk dari merek yang tidak peduli terhadap dampak lingkungannya. Laporan ini juga menemukan bahwa tren seperti peralihan pembelian ke merek yang lebih ramah lingkungan dan pembelian atau penjualan barang mewah bekas semakin meningkat di APAC, terutama di kalangan konsumen Gen Z.

“Ada persepsi bahwa konsumen barang mewah di APAC kurang berpengetahuan dan kurang peduli terhadap masalah lingkungan dan keberlanjutan dibandingkan konsumen di Eropa dan Amerika. Survei kami mengungkapkan bahwa kesadaran lingkungan semakin meningkat di kalangan konsumen barang mewah di APAC. Hal ini terutama berlaku di Tiongkok yang pemerintahnya tidak hanya menerapkan kebijakan perlindungan lingkungan tertentu selama 10 tahun terakhir, namun juga konsumen yang merasakan langsung dampak buruk perubahan iklim terhadap kesehatan mereka.

Selain itu, dari perspektif demografis, merek-merek mewah yang tidak memprioritaskan inisiatif keberlanjutan perlu mempertimbangkan bagaimana hal ini dapat menghambat upaya untuk menarik konsumen Milenial dan Gen Z, yang menjadikan kelestarian lingkungan sebagai pertimbangan utama. Survei ini dilakukan untuk membantu merek-merek mewah

Meningkatnya kesadaran lingkungan dan dampaknya terhadap dolar barang mewah

Temuan utama dari penelitian ini adalah meningkatnya kesadaran lingkungan di kalangan konsumen barang mewah, dengan lebih dari 90% responden mengaku lebih sadar lingkungan dibandingkan dua tahun lalu. 42% mengaku “jauh lebih sadar” dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan sekitar setengah konsumen Gen Z dan konsumen Australia mengambil sikap ini. Diikuti oleh Asia Tenggara (44%) dan Tiongkok Daratan (41%). Menariknya, konsumen Hong Kong (25%) menunjukkan peningkatan kesadaran lingkungan yang paling sedikit dibandingkan dengan pasar lain.

Dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, tidak mengherankan jika sebagian besar konsumen barang mewah di APAC mengatakan bahwa mereka akan mengurangi dukungan mereka terhadap merek-merek mewah yang mengabaikan dampaknya terhadap lingkungan. Dari responden yang disurvei di APAC, 92% mengatakan mereka akan berhenti membeli, membeli lebih sedikit, atau mempertimbangkan kembali pembelian dari merek-merek yang tidak peduli terhadap keberlanjutan dan 27% mengatakan mereka akan berhenti membeli dari merek-merek tersebut sama sekali. Meskipun masih membeli lebih sedikit, lebih sedikit konsumen Hong Kong yang berhenti membeli dibandingkan pasar lain (14%).

Secara umum, konsumen barang mewah di APAC lebih menyukai merek-merek yang memprioritaskan kelestarian lingkungan, dan lebih dari dua pertiganya mengatakan mereka akan membeli lebih banyak dari merek-merek tersebut. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di antara pelanggan Gen Z, yang tiga perempatnya akan meningkatkan jumlah pembelian untuk menunjukkan dukungan mereka. Rata-rata, pelanggan di APAC akan membayar hingga 21% lebih banyak untuk merek yang memprioritaskan kelestarian lingkungan, sedangkan pelanggan Gen Z mengatakan bahwa mereka akan membayar premi hingga 28%.

Apa yang membuat konsumen barang mewah menjauh

Bagi merek-merek mewah, ketika menyangkut praktik ramah lingkungan (atau ketiadaan praktik tersebut), penting untuk memahami apa yang membuat konsumen menjauh. Pelanggan barang mewah di APAC mengidentifikasi kurangnya transparansi seputar inisiatif keberlanjutan (59%) sebagai penolakan terbesar mereka, diikuti oleh pengemasan yang tidak ramah lingkungan dan produksi limbah yang berlebihan (keduanya sebesar 58%).

Sejalan dengan temuan ini, 88% konsumen barang mewah di APAC mengatakan mereka akan berhenti membeli, atau mengurangi pengeluaran untuk merek mewah yang menghasilkan limbah berlebihan, mengingat Asia Tenggara adalah salah satu pasar yang paling setuju dengan hal ini. Selain itu, 93% mengatakan mereka akan lebih cenderung membeli dari merek mewah yang menawarkan alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan produk yang mereka inginkan.

Ketika ditanya tentang praktik pengemasan yang tidak ramah lingkungan, konsumen barang mewah di APAC setuju bahwa lapisan kemasan yang berlebihan (39%) adalah hal yang paling menjengkelkan. Hal ini diikuti oleh penggunaan plastik berlebihan (32%) dan penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang atau tidak dapat terurai secara hayati (29%). 91% pelanggan di APAC berharap merek-merek mewah berhenti menggunakan bungkus plastik dalam kemasan mereka dan 90% pelanggan mewah di Tiongkok setuju bahwa penggunaan plastik tidak mewakili merek mewah. Yang penting, lebih dari 80% konsumen barang mewah di APAC mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk beralih ke merek mewah lain yang menawarkan produk serupa tetapi menggunakan lebih sedikit kemasan.

Konsumen barang mewah di APAC kini memberi peringkat pada nilai-nilai merek mewah dan dampaknya terhadap dunia nyata setara dengan nama merek tersebut

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pelanggan produk mewah di APAC menganggap nilai-nilai merek, dampak dunia nyata, dan inisiatif keberlanjutan sama pentingnya dengan nama merek ketika membuat keputusan pembelian. Mereka juga menyebutkan praktik manufaktur berkelanjutan (95%), penggunaan lebih banyak bahan daur ulang, berkelanjutan, dan dipanen secara alami (94%) dan komitmen terhadap pengurangan jejak karbon (93%) sebagai inisiatif keberlanjutan terpenting bagi merek-merek mewah.

Menariknya, hampir semua pelanggan barang mewah di APAC yang disurvei mengatakan mereka ingin melihat merek mewah favorit mereka berbuat lebih banyak dalam hal keberlanjutan. Tiga seruan teratas adalah: inisiatif ramah lingkungan yang lebih mudah diakses (62%), yang khususnya disukai oleh konsumen Tiongkok daratan; praktik rantai pasokan/proses manufaktur yang lebih berkelanjutan (62%), yang merupakan seruan utama bagi generasi Milenial; dan penggunaan material yang lebih ramah lingkungan (61%).

Mayoritas responden di wilayah ini juga bersedia mendukung atau membelanjakan lebih banyak uang untuk merek-merek mewah yang secara aktif mempromosikan dan mengomunikasikan upaya keberlanjutan mereka (93%). Selain itu, 97% pelanggan di APAC yang disurvei mengatakan mereka akan merekomendasikan merek mewah yang secara aktif mempromosikan keberlanjutan.

“Pelanggan mewah di APAC semakin mempertimbangkan nilai merek dan dampak nyata suatu perusahaan dalam keputusan pembelian mereka. Dengan survei yang mengungkap keinginan besar konsumen barang mewah untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang praktik keberlanjutan merek favorit mereka, dunia usaha perlu memprioritaskan penyampaian informasi ini melalui saluran dan titik kontak yang tepat untuk memastikan pesan mereka didengar dengan jelas dan jelas. Meskipun merek mungkin menyimpan kekhawatiran dalam mengomunikasikan upaya keberlanjutan mereka jika upaya tersebut tidak memenuhi harapan konsumen, atau gagal mengkomunikasikan sama sekali, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian

Pentingnya mengkomunikasikan upaya keberlanjutan

Mengingat hal ini, sangat penting bagi merek-merek mewah untuk mengomunikasikan upaya keberlanjutan mereka seefektif mungkin. 94% konsumen barang mewah di APAC ingin mengetahui lebih banyak tentang inisiatif lingkungan dari merek favorit mereka. Hal ini terutama terjadi di Tiongkok daratan, dimana sebagian besar responden menginginkan lebih banyak informasi. Sekitar sepertiga konsumen di Hong Kong dan Asia Tenggara mengatakan mereka kurang memiliki pengetahuan atau sama sekali tidak mendapat informasi tentang upaya keberlanjutan merek-merek mewah favorit mereka. Generasi Milenial dan Gen X juga merasa paling sedikit mendapat informasi dibandingkan kelompok usia lainnya.

Secara keseluruhan, konsumen APAC menganggap kemasan produk (54%) sebagai cara termudah untuk mempelajari upaya keberlanjutan merek-merek mewah favorit mereka. Mayoritas menganggap inisiatif atau sertifikasi keberlanjutan yang tercetak jelas pada kemasan (64%) sebagai cara termudah untuk mengidentifikasi merek mewah yang ramah lingkungan. Hal ini terutama dirasakan oleh pelanggan Tiongkok daratan (71%), Asia Tenggara (64%) dan Hong Kong (63%). Selain itu, 95% responden di APAC mengatakan mereka ingin melihat komitmen nol-plastik dari suatu merek mewah atau akreditasi keberlanjutan terkait pada kemasan produknya.

Platform media sosial dan situs web merek (52%) serta label/tag produk (52%) juga dianggap sebagai cara mudah untuk lebih memahami upaya keberlanjutan. Secara khusus, 59% responden di Asia Tenggara lebih memilih platform media sosial, dan menariknya, konsumen APAC Gen Z (37%) dan Hong Kong (34%) memiliki preferensi yang sama dibandingkan negara-negara lain dalam hal dukungan selebriti dan konten influencer sebagai cara termudah untuk mendapatkan dukungan dari media sosial. Belajarlah lagi.

Asia Tenggara memimpin dalam perdagangan barang-barang mewah bekas

Konsumen barang mewah, khususnya Gen Z dan Milenial, sudah mulai menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Hal ini tercermin dalam tren seperti pembelian dan penjualan barang bekas, pembelian dari merek yang sesuai dengan nilai-nilai mereka, dan penggunaan kembali kemasan mewah.

91% konsumen barang mewah yang disurvei di APAC ingin melihat merek mempunyai inisiatif untuk mendorong sirkularitas mode. 86% mengatakan mereka lebih terbuka terhadap ide membeli barang-barang mewah bekas, dengan lebih dari separuh (57%) sudah membeli atau menjual barang-barang mewah bekas dalam tiga tahun terakhir. Tren ini paling banyak terjadi di Asia Tenggara (72%) dan di kalangan konsumen Gen Z (67%). Dari mereka yang aktif di pasar barang mewah bekas, 53% konsumen Gen Z mengaku telah membeli atau menjual lebih banyak barang mewah bekas dalam 12 bulan terakhir dibandingkan gabungan 1-3 tahun terakhir. Rata-rata, konsumen APAC membeli atau menjual barang mewah pre-loved lebih dari 3,5 kali dalam 12 bulan terakhir, sementara Hong Kong memiliki frekuensi rata-rata lebih rendah yaitu 2,8 kali.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 81% pelanggan barang mewah di APAC sering menyimpan kemasannya setelah melakukan pembelian. Alasan paling populer untuk menyimpan kotak mewah adalah untuk menggunakannya kembali sebagai tempat penyimpanan barang lain (63%). Hampir 70% konsumen Gen X di APAC menyoroti hal ini, sementara hampir setengah konsumen Gen Z mengatakan mereka lebih suka menggunakan kembali kotak mewah mereka untuk tujuan dekorasi. Menurut survei, kotak yang paling mungkin disimpan setelah pembelian oleh konsumen barang mewah di APAC adalah kotak perhiasan (67%), jam tangan (63%) dan kotak tas (58%).

“Mengingat belanja dan konsumsi akan terus berlanjut, merek berada dalam posisi unik untuk mendorong perubahan positif. Menerapkan praktik keberlanjutan merupakan bagian penting dari proses ini, dan memerlukan komitmen yang teguh serta perbaikan yang berkelanjutan. Merupakan kesalahan bagi merek untuk mencoba beralih dari nol menjadi pahlawan dan melakukan semuanya sekaligus. Sebaliknya, mereka harus berkomitmen pada strategi autentik yang sejalan dengan nilai-nilai merek dan mengambil langkah-langkah kecil namun bermakna untuk memajukan merek. Konsumen mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh merek asalkan mereka tetap transparan dan akuntabel dalam upaya mencapai pencapaian penting dan mengomunikasikannya secara efektif kepada pelanggan. Merek harus menjadi pengubah permainan. Mereka perlu terus berkembang dan menemukan cara inovatif untuk mengurangi dampak lingkungan agar tetap relevan di dunia yang berubah dengan cepat, dan memenuhi ekspektasi keberlanjutan generasi berikutnya,” kata Robert Lockyer, Pendiri & Chief Client Officer Delta Global.

[1] Renaisans dalam Ketidakpastian: Kemewahan Dibangun di Atas Reboundnya, Bain & Company, 2023

 

Delta Global
Delta Global diciptakan untuk berinovasi dan mendobrak status quo, untuk menunjukkan bahwa dengan desain, pemikiran, dan tujuan yang jelas, hal-hal besar akan terjadi. Dalam perjalanan berkelanjutannya untuk meningkatkan kemasan mewah, Delta Global telah menciptakan empat pilar utama yang menjadi inti dari segala hal yang dilakukannya. Dari desain, tekstur, rasa, dan hasil akhir, setiap produk memancarkan kemewahan tinggi sekaligus memberikan kontribusi positif bagi dunia.

Misi: Untuk menyatukan kemewahan, keberlanjutan, dan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan klien di dalam toko atau online. Visi Delta Global untuk menggabungkan kemewahan.[***]

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com