Pemerintahan

KPUD Muba Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Foto : Humas Muba

Sumselterkini.co.id, Sekayu – Sebagai bagian dari upaya menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Muba H M Soleh Naim menghadiri Simulasi Lemilu yang dilaksanakan di Stable Berkuda Sekayu, minggu (14/4/2019).

Pada acara tersebut, disimulasikan secara detail pelaksanaan Pilpres dan Pileg mulai dari proses pendaftaran, pembagian 5 surat suara, pencoblosan, pemberian tinta biru, proses penghitungan hingga proses pengamanan.

Pemilu tahun ini bisa dibilang istimewa jika dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Pada pemilu tahun 2019 ini, masyarakat sekaligus akan menentukan 5 pilihan mulai dari Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi serta DPRD Kota/ Kabupaten.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KPU ini. Pelaksanaan pesta demokrasi nanti kurang lebih akan sama seperti pada silmulasi ini,” ungkapnya.

Dengan adanya simulasi ini, lanjut Soleh Naim masyarakat akan lebih paham apa yang akan dilakukan mulai dari datang, pendaftaran, hingga selesai. Diharapkan dengan tingginya pemahaman masyarakat, proses pemilu serentak akan berlangsung aman, lancar dan kondusif tanpa kendala berarti.

Ketua KPUD Muba Ir Maryadi Mustofa yang membuka simulasi tersebut berharap kegiatan itu dapat menambah informasi publik tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS. “Sebagai bentuk transparansi terkait hasil penghitungan dan rekap hasil pemilu,”ujarnya.

Ia juga munutukan KPU RI telah meyiapkan sistem informasi yang dapat membantu penyelenggraan Pemilu hingga tingkat Kecamatan untuk rekapitulasi dengan efisien dan dapat dipercaya.

“Masyarakat umum, dapat mengakses dan memperoleh informasi terkait pemilu melalui handphone atau telepon genggam,” imbuhnya.[**]

 

Penulis : One

 

Comments

Terpopuler

To Top