Pemerintahan

Ini Dia RKPD 2019

Prioritas nasional bertemakan pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas.

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes. dalam laporannya secara rinci menguraikan, Sinkronisasi yang dilakukan ini adalah sebagai panduan bagi seluruh stakeholder di Provinsi Sumsel dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD)2019 mendatang.

Dikatakannya, Rancangan Tema dan Prioritas Nasional RKP 2019 untuk prioritas nasional bertemakan pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas.

Diantaranya, meliputi pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, kemudian pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif. Selanjutnya, pemantapan ketahanan energi, pangan, dan ketahanan sumber daya air. Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

” Sasaran RPJMN gini rasio 0,36 untuk tingkat kemiskinan mencapai 7-8%. TPT 4-5% sedangkan IPM 71,98 %” tuturnya

Sedangkan untuk arahan nasional pengembangan Sumsel tahun 2019, Lebih jauh Eko melaporkan, proyeksi tahun 2019 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,7% dengan tingkat kemiskinan maksimal 13% dan tingkat pengangguran terbuka maksimal 4%.

Arahan RPJPD Sumsel tahun 2005-2025 (tahap keempat 2018-2023 memantapkan pertumbuhan ekonomi dan menegaskan arah pembangunan ekonomi. Memantapkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, pembangunan yang berorientasi pada pemanfaaatan sumber daya yang berkelanjutan, pembangunan pemerintahan yang adil, jujur, bersih dan bertanggung jawab.

“Isu strategis pembangunan tahun 2019 pendidikan dan kesehatan berkualitas serta integrasi jaminan kesehatan, pengurangan kemiskinan, infrastruktur dan konektivitas, peningkatan produktivitas, nilai tambah daya saing dan hilirisasi pertanian, pasca Asian Games, reformasi birokrasi, stabilitas keamanan, pemilu legislatif dan pemilu kepresidenan,” pungkasnya.[Fr]

Comments

Terpopuler

To Top