Pemerintahan

Festival Rempah Sumsel 2020

foto : Istimewa

TIM  Penggerak PKK Sumsel melaksanakan ajang Festival Rempah Sumsel 2020  di halaman Istana Gubernur Griya Agung Palembang, menyusul Sumsel menyimpan kekayaan alam berupa tanaman rempah, baik yang berfungsi sebagai penyedap rasa masakan atau juga berfungsi sebagai obat-obatan alami atau herbal.

Diharapkan dalam festival ini ada edukasi yang berkelanjutan terkait dengan jenis tanaman rempah termasuk manfaat yang dapat diambil  dari tanaman rempah tersebut.

Bahka  bangsa barat, terutama Belanda salah satunya datang ke Nusantara untuk mencari rempah-rempah tak terlecuali di wilayah Sumatera menjadi tujuan mereka. Bahkan berujung ingin  menguasai kekayaan rempah Indonesia.

Membuktikan bawa daerah di Sumsel juga memang sangat kaya dengan  rempah. Melalui momen ini dapat mengakat harkat dan martabat ekonomi petani di tengah Pandemi. Untuk itu PKK Kabupaten/Kota harus aktif terlibat agar rempah ini bisa memiliki nilai komersil.

Sebagai bentuk edukasi yang bekelanjutan  setidaknya Dinas Pendikan dapat menjadikan rempah ini sebagai pembelajaran muatan lokal. Terutama  untuk kalangan anak-anak usia PAUD.

“Saya minta kepada Dinas Pendidikan agar ada pengenalan  pengetahuan tanaman rempah ini pada anak-anak usia dini. Agar anak-anak kita mendapatkan informasi yang benar sehingga dapat memelihara tumbuhan rempah yang ada di sekitar mereka,” tandas Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka Festival Rempah-rempah 2020, kemarin.[***]

 

Ril

 

 

Comments

Terpopuler

To Top