Parlemen

DPRD OKI Tancap Gas Bentuk AKD

DEWAN Perwakila Rakyat Daerah [DPRD] Kab.OKI masa jabatan 2019-2024. mempercepat Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Pembentukan tersebut tertuang dalam rapat usai acara pelantikan Pimpinan DPRD OKI secara definitif.

Ketua DPRD Kabupaten OKI, Abdiyanto Fikri, S.H.,M.H  menjelaskan,  pembentukan AKD tersebut memang sengaja digesa, supaya lembaga legislatif yang dipimpinnya itu dapat segera berjalan sebagaimana tugas dan fungsinya masing-masing. Hal ini demi efektifitasnya pelaksanaan roda pemerintahan di Daerah Kabupaten OKI.

“Sengaja kami percepat pembentukan AKD nya, supaya cepat bekerja sesuai harapan. Mumpung rekan-rekan anggota lainnya pada hadir. Jadi habis acara pelantikan pimpinan, langsung kita gelar rapat. Namun itu rapat internal kami,” ungkap Abdiyanto, saat ditemui awak media, Rabu (9/10/19).

Putra kelahiran Kecamatan Tulung Selapan itu menjelaskan, sejumlah AKD yang telah dibentuk, diantaranya Komisi I, Komisi II, Komisi III, Komisi IV, Badan Kehormatan (BK), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar) serta Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Untuk unsur pimpinan Bamus dan Banggar dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten OKI. Yakni Ketua Abdiyanto Fikri, S.H., M.H (Partai PDIP), dan tiga wakil ketua, diantaranya Hj. Yusmin (Partai PAN), Bakri Tarmuzi (Golkar), Nanda (Gerindra).

“Adapun untuk struktur pimpinan komisi-komisi di DPRD OKI untuk tahun 2019-2024 adalah Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan diketuai Mulkan Yahuza (Gerindra), Wakil Yudi Arian Komarullah (PDIP), Sekretaris Aguscik (PAN).

Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan diketuai Marzuki (Golkar), Wakil Ketua Suparno (PKS), Sekretaris Mukhlis (Hanura). Komisi III Bidang Pembangunan diketuai Made Indrawan (PDIP), wakil ketua Devit (Hanura), Sekretaris, Amirsyah (Demokrat). Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, diketuai Budiman (PAN), wakil ketua Maryani (Gerindra), Sekretaris Jhoni  Tarmos (PBB).

Bukan hanya struktur komisi, DPRD juga membentuk struktur Bapem Perda yang diketuai oleh Suharsono dari Fraksi PKB, dan Wilindra dari Fraksi PDI Perjuangan menduduki jabatan Wakil Ketua.  Sedangkan untuk struktur Badan Kehormatan Dewan diketuai oleh Agustam dari Fraksi NasDem dan Harimandani dari Fraksi PKB. “Dengan terbentuknya semua AKD, seluruh anggota DPRD sudah mulai melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya secara optimal,” Kata Abdiyanto.

Abdiyanto juga meminta dukungan dan doa dari masyarakat OKI agar semua bisa berjalan dengan baik. “Semoga nantinya apa yang kita perjuangkan di DPRD bisa berpihak kepada masyarakat,”ungkapnya.[**]

 

Penulis : dra

 

Comments

Terpopuler

To Top