MUBA Terkini

SAKIP Muba  Alami Peningkatan, Tim Evaluator PAN-RB : Masyarakat Diminta Aktif Kontrol Pemerintah

ril/ist

TIM Evaluator PAN-RB  Canggih Hangga Wicaksono SST mengatakan, dari tahun 2017 hingga 2020 penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) di Kabupaten Muba terdapat peningkatan. “Kita pastikan semangat di Muba sangat luar biasa, Namun masih ada beberapa dokumen yang kurang, Semoga dapat segera dilengkapi,”ujarnya.

Inovasi dalam penegakan integritas merupakan cara untuk melihat sejauh mana upaya objek evaluasi dalam menekan potensi penyalahgunaan integritas, seperti fraud dan KKN melalui penguatan three lines of defense pada instansi pemerintah dan pelibatan aktif masyarakat dalam mengontrol penyelenggaraan pemerintah.

Menurutnya inovasi dalam tata kelola SDM merupakan jalan guna memastikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap produktif dan berkinerja melalui penyesuaian mekanisme kerja yang jelas dan akuntabel.

Pada poin penyederhanaan birokrasi akan dilihat bagaimana upaya perampingan struktur telah dilakukan sesuai kebutuhan dan tantangan organisasi di masa mendatang.

Selain itu, tindak lanjut dari penyederhanaan birokrasi tersebut juga menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam penilaian.Evaluasi ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa reformasi birokrasi bisa berjalan dengan baik.

“Semoga Kabupaten Muba dapat kompak dengan masing-masing OPD, kemudian rajin untuk mengecek IKU yang ada pada OPD dan pastikan semuanya selaras,”tandasnya.

Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi menyampaikan,Pemkab Muba akan terus berkomitmen meningkatkan implementasi SAKIP dan RB sehingga diharapkan kepada tim evaluasi dapat memberikan arahan dan bimbingan dalam perencanaan untuk penyempurnaan SAKIP dan RB.[***]

Comments

Terpopuler

To Top