MUBA Terkini

2021,Bangun Jalan Poros Sepanjang 38,7 Km di Lalan Bisa Pangkas Biaya Komoditas

foto : istimewa

PADA 2021 mendatang, Pemerintah Kab. Muba akan membangun jalan poros dari barat sampai ke timur di Kecamatan Lalan di sepanjang 38,7 kilometer yakni dari P20 Desa Suka Makmur sampai Karang Makmur Primer hingga tembus jalan negara.

Hal ini diungkapkan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA saat Groundbreaking Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Kabupaten Musi Banyuasin di Halaman Kantor Camat Lalan Desa Bandar Agung Kecamatan Lalan, Selasa (29/9/2020).

“Tahun 2019 lalu sesuai janji saya menuntaskan persoalan listrik, nah tahun 2021 nanti saya akan bangun jalan sepanjang 38,7 kilometer dan akan diberikan penerangan berupa lampu jalan Tenaga Surya sebanyak 1.200 unit,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk membangun jalan tersebut dirinya mengucurkan anggaran melalui APBD Muba TA 2021 sebesar Rp15 Miliar.

“Mulai tahun depan InshaAllah dianggarkan dan akan menjadi yang pertama kali satu-satunya jalan poros yang dibangun di Kecamatan Lalan, dimana sudah puluhan tahun mendambakan adanya akses yang lebih cepat untuk mengeluarkan hasil komoditas mereka ke daerah-daerah sekitar, khususnya di Palembang dan Sungai Lilin” pungkasnya.

Dibuatkan jalan poros barat hingga ke timur karena ini merupakan akses ke depan dengan dimasukkan pada program TMMD yang bekerjasama dengan TNI. “Diharapkan ini akan memotong cost dari harga-harga komoditas yang keluar dari Kecamatan Lalan ini, sehingga bisa memakmurkan para petani khususnya petani jagung, petani beras dan tentu kelapa sawit,,” tambah Dodi

Semua ini adalah untuk melengkapi infrastruktur yang sudah dibangun di Kecamatan perairan yang selama ini aksesnya hanya bisa ditempuh melalui akses Sungai maupun dengan kendaraan roda dua.

“Dengan dibangunnya jalan ini, hasil perkebunan dan komoditas yang ada di Lalan dapat keluar daerah dengan ongkos yang murah,” terangnya.

Menurutnya, meski berada di kawasan perairan namun Kecamatan Lalan harus menjadi daerah yang maju dan warga masyarakatnya sejahtera. “Akses menjadi mudah, warga Lalan tidak lagi tertinggal,” harapnya.

Selain itu Musi Banyuasin Kami mendapatkan alokasi kurang lebih sekitar 5000 PLJ-TS dan kemungkinan ada penambahan lagi.

“Untuk Kecamatan Lalan 1200 titik PLJ- TS akan kami¬† ke sebar di jalan poros tersebut termasuk di desa-desa sekelilingnya sehingga bisa menambah penerangan malam hari. Kenapa tenaga surya karena bisa kita katakan untuk sumber energi panas matahari di Lalan sangat baik untuk menyerap dengan solar panel sehingga dari sisi efisiensi energi juga bisa sangat terbantu,” jelasnya.[***]

Ril

Comments

Terpopuler

To Top