Kuliner

Ilmuwan Memprediksi Cokelat akan Punah

foto : istimewa

KABAR ini mungkin bakal membuat penggemar cokelat sedih. Ilmuwan memprediksi cokelat bisa punah pada 2050. Kecuali jika ilmuwan gene-editing (penyuntingan gen) bisa menyelamatkannya.

Tanaman kakao mengandung biji yang merupakan unsur penting dalam cokelat. Tapi tanaman itu tumbuh di hutan hujan, yang memerlukan cuaca tetap basah dan lembab sepanjang tahun.

Menurut laporan Business Insider, Kamis (4/1/2018), perubahan iklim yang diproyeksikan mengubah habitat ini secara drastis dalam 40 tahun ke depan, sehingga kakao tidak tumbuh di sana. Mungkin saja kakao tumbuh di pegunungan yang curam, tapi banyak dari kawasan itu dilindungi sebagai perlindungan satwa liar.

Apa mungkin iklim bisa diperlambat atau diubah agar cokelat tidak punah? Mungkin kolaborasi antara produsen cokelat, Mars, yang sudah mensponsori 100 studi tentang manfaat kesehatan cokelat, bersama perusahaan permen terbesar di dunia CandyIndustry.com, dan para ilmuwan di bidang rekayasa genetik yang cepat berkembang, dapat membantu.

Mars menjanjikan $ 1 miliar untuk upaya mengurangi jejak karbonnya, dan bagian dari itu akan masuk ke laboratorium di ilmu biologi di kampus UC Berkeley, Kalifornia, AS. Direktur genom tumbuhan, Myeong-Je Cho, yang menjadi tuan rumah bibit kakao di sana, mengatakan akan mencoba membuat bahan baku cokelat yang bisa bertahan menghadapi iklim yang berbeda.

Sumber : liputan6

Comments

Terpopuler

To Top