Infrastruktur & Transportasi

Lembaga Aviasi di Inggris Nyatakan, Bandara Soetta Masuk Jajaran World’s Best Airport Staff 2022

SKYTRAX, lembaga independen di bidang aviasi yang berbasis di Inggris, mengumumkan bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) yang dikelola PT Angkasa Pura/AP II (persero) berada di posisi sembilan pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staff di ajang Skytrax World Airport Award 2022 dan ini prestasi membanggakan.

Attitude, Friendliness dan Efficiency staf di Bandara Soetta dalam melayani penumpang pesawat yang menjadikannya kembali mendapat pengakuan global tersebut. Pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022, hanya terdapat dua bandara di ASEAN yaitu Bandara Soetta dan Bandara Changi.

Ajang Skytrax World Airport Award 2022 sendiri berlangsung di Paris, Prancis, pada 16 Juni 2022.

Adapun posisi ke sembilan pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 itu naik satu peringkat dibandingkan dengan pencapaian Bandara Soetta pada daftar Best Airport Staff in Asia 2021 yang berada di posisi ke-10.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan, daftar Best Airport Staff yang dirilis Skytrax menggambarkan bahwa kualitas staf di suatu bandara dinilai sangat baik dari sikap melayani, keramahan melayani dan efisien dalam melayani.

“Kami sangat bersyukur di tengah tantangan hebat pandemi COVID-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soetta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang pesawat. AP II bangga dan berterima kasih kepada seluruh frontliner yang bekerja tanpa lelah dan tanpa pamrih untuk memberikan yang terbaik bagi Bandara Soetta dan bagi masyarakat,” ujarnya pada Sabtu (18/6/2022).

Penghargaan Best Airport Staff in Asia itu menilai kualitas dari seluruh staf frontliner di bandara, yaitu staf customer service atau info counters, staf imigrasi, staf keamanan atau aviation security, staf tenant komersial, dan staf lainnya yang langsung melayani pelanggan. “Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder Bandara Soetta karena juga telah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Awaluddin.

Staf operasional dan pelayanan AP II di Bandara Soetta terdiri dari staf passenger service, terminal inspection service, land transportation assistance, digital service, facility care, airport helper, golf car assistance dan aviation security.

Kemudian, terdapat juga staf dari maskapai yang bertugas di check in counter, boarding lounge, arrival gate/hall, lalu juga staf imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina, lalu personel TNI/Polri, dan stakeholder lainnya.

Staf di Bandara Soetta melayani masyarakat antara lain di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Stasiun Kereta Bandara, dan shelter Kalayang atau Skytrain di masing-masing terminal serta di stasiun.

Sebelum pandemi COVID-19, staf Bandara Soetta melayani sekitar 60 – 70 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya, di mana jumlah pergerakan penumpang ini menjadikan Bandara Soetta sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia.InfoPublik (***)

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com