Industri Kreatif & UKM

Sidratul Muntaha Pimpin AMSI SUMSEL

Diharapkan dapat menciptakan forum diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan pengampu kepentingan lainnya.

foto : AMSI SUMSEL

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Pemimpin Redaksi ForNews Sumsel, Sidratul Muntaha terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Asosiasi  Media Siber Indonesia (AMSI), Wilayah Sumatera Selatan dalam Konferwil I AMSI Sumsel di Lord Cafe & Resto Palembang, Senin (13/11/2017).

Sidratul Muntaha dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya mengucapkan terimakasih atas amanah yang telah diberikan oleh rekan media untuk menjalankan roda organisasi 3 tahun ke depan.

Menurutnya, Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan dan mengembangkan industri konten digital di Indonesia. Namun, sejalan dengan itu, kerana kebebasan informasi telah juga melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan.

Atas dasar pemikiran itu, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dibentuk oleh media digital yang peduli terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan, serta sesuai dengan UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Media Siber.

Terbentuknya AMSI Sumsel ini, ungkapnya diharapkan dapat menciptakan forum diskusi dan mempererat relasi antar industri media, dan pengampu kepentingan lainnya. AMSI juga diharapkan bisa menerapkan standarisasi perusahaan media digital yang disesuaikan dengan tumbuh kembangnya industri digital di Indonesia.

Selain itu, wadah ini juga diperlukan untuk mendorong jurnalisme siber yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan melindunginya dari praktik-praktik digital yang merugikan industri media siber nasional.

Sementara itu, koordinator AMSI Wilayah Sumatera,Agus Perdana yang mewakili Pengurus Pusat AMSI mengatakan, ada beberapa wilayah yang sudah melakukan konferwil untuk wilayah sumatera diantaranya Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. “Ada beberapa daerah lagi yang kita dorong yaitu Kepri, Lampung dan Aceh,”katanya.

Kedepan dirinya berharap, AMSI bisa menjadi konstituen dewan pers dan saat ini pengurus pusat sedang mengejar itu dan harapannya bisa segera diakui oleh dewan pers.

“Saya berharap AMSI bisa memberikan warna tersendiri di sumatera selatan walaupun kita sedikit secara jumlah,”jelasnya.

 

Comments

Terpopuler

To Top