Ekonomi

Warga Kalidoni Senang, Ternyata Sampah Bisa Ngasilkan Uang, Lanjutkan Pak Wali Program Ini

“Namun sejak adanya instalasi 3 R ini tidak repot lagi, karena sampah bisa diolah dan dimanfaatkan, tentunya menghasilkan uang lagi,”

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI,ID, Palembang – Ternyata dengan instalasi 3 R (Reuse, reduce, recxycle) untuk mengatasi masalah sampah tersebut mendapat tanggapan dari beberapa warga Kalidoni, bahkan warga mendukung Walikota Palembang, Harnojoyo untuk tetap melanjutkan program yang dipelopori Camat Kalidoni, Palembang.

Seperti diutarakan Tini, (43), salah satu warga RT 15, Kelurahan Kalidoni, Ia mengaku sangat senang dengan adanya instalasi 3 R.

”Dulu jika sampah terlalu banyak di rumah, kami kebingungan untuk membuangnya, namun sejak adanya instalasi 3 R ini tidak repot lagi, karena sampah bisa diolah dan dimanfaatkan, tentunya menghasilkan uang lagi,” akunya.

Tini menilai dengan adanya instalasi 3 R merupakan solusi terhadap masalah sampah disini,(Kalidoni), apalagi program ini bisa membuka lapangan kerja.

“Ya, seperti kami yang menganggur ini, sekarang punya pekerjaan dan sangat terbantu, pokoknya lanjutkan terus Pak Walikota Harnojoyo program seperti ini,” ujar Tini berharap.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faisal AR mendukung penuh dan siap mensupport program 3 R.

“Kita sangat support program ini, kita kirim petugas langsung untuk membantu, dan program ini akan kami tampilkan pada penilaian Adipura mendatang, paparnya.

Faisal menjelaskan, program instalasi 3 R bisa menjadi salah satu solusi pengurangan volume sampah di Palembang. Menurutnya, berdasarkan data yang dihimpun, pada 2017, volume sampah di Kota Palembang mencapai 1.000 – 1.200 ton per hari.

Sekitar 70%, ulasnya produksi sampah di Palembang dihasilkan dari sampah rumah tangga, dengan program ini diharapkan bisa mengurangi volume sampah di Palembang. “Jadi sampah yang ada tidak semuanya di buang ke TPA, namun bisa dikelola oleh masyarakat, “tutup Faisal.

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com