Ekonomi

Soak Bato Jadi Sekolah Pasar Pertama di Sumatera, Penasaran ? Baca Ini

“Sekolah Pasar ini memberikan edukasi kepada para pedagang tentang tata kelola perdagangan, tata kelola keuangan, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta etika berdagang,”

foto : MP

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI menjadikan Pasar Soak Bato, Palembang sebagai Sekolah Pasar pertama di Sumatera, karena pasar ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi pasar.

Sri Agustina, Inspektur Jenderal Kemendag RI menyatakan pada gelaran kali ini, peserta Sekolah Pasar ditujukan bagi pedagang  Pasar Soak Bato. Di Kota Palembang terdapat 4 pasar yang direvitalisasi dari bantuan Kemendag RI.

Menurutnya  pada 2017, Kota Palembang menjadi satu-satunya tempat dilaksanakannya Sekolah Pasar di Sumatera. Pelaksanaan Sekolah Pasar Soak Bato dibuka langsung Inspektur Jenderal Kemendag RI Sri Agustina, Kamis (16/11/2017). Kegiatan ini dihadiri juga Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Ditjen Perdagangan Kemendag RI Sihard Hadjopan Pohan, dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani.

“Sekolah pasar bukan saja digelar di Palembang, namun di Pontianak. Terpilihnya pasar di Palembang patut diapresiasi,” ujar Sri.

Sekolah Pasar, paparnya  bertujuan untuk pemberdayaan pedagang. Hal ini merupakan bagian dari program revitalisasi pasar.

Revitalisasi yang dimaksud tidak hanya menargetkan perubahan fisik pasar saja, namun juga memperbaiki sumber daya pedagang, serta meningkatkan aspek sosial budaya di lingkungan pedagang.

“Ini berkaitan dengan kultur pedagang, bagaimana mengelola keuangan, memasarkan dagangan, aspek kesehatan, etika para pedagang, “ulasnya.

Dia menilai tidak bisa hanya memenuhi kebutuhan fisik saja, tanpa mengetahui kebutuhan pedagang itu sebenarnya. Pada akhirnya tujuan sekolah pasar ini adalah untuk mensejahterakan para pedagang pasar itu sendiri.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Hardayani mengatakan, Sekolah Pasar Soak Bato merupakan pilot project bagi pasar lainnya di Palembang. Pihaknya telah merencanakan untuk mengembangkan kegiatan edukasi serupa pada sejumlah pasar lainnya di Palembang.

“Sekolah Pasar ini memberikan edukasi kepada para pedagang tentang tata kelola perdagangan, tata kelola keuangan, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta etika berdagang. Kegiatan ini sangat baik dan akan terus dikembangkan untuk kemajuan pasar di Palembang, khususnya meningkatkan kesejahteraan para pedagang,” pungkasnya.

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com