Ekonomi

Sepekan Ini, Aksi Jual Beli Investor Asing Capai Rp 1,67 Triliun

bursa-efek-indonesia

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, selama sepekan ini, investor asing kembali mencatatkan jual bersih dengan nilai Rp1,67 triliun. Sementara, sepanjang tahun ini, investor asing masih membukukan beli bersih Rp4,29 triliun.

SUMSELTERKINI.ID, Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, selama sepekan ini, investor asing kembali mencatatkan jual bersih dengan nilai Rp1,67 triliun. Sementara, sepanjang tahun ini, investor asing masih membukukan beli bersih Rp4,29 triliun.

Sementaralaju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada periode 7 -11 Agustus 2017 naik 0,19% menjadi 5.777,48 poin dari 5.766,13 poin sepekan sebelumnya. Sementara, nilai kapitalisasi pasar IHSG turun 0,17% menjadi Rp6.319,55 triliun dari Rp6.330,60 triliun pekan sebelumnya.

Melansir okezone, untuk rata-rata volume transaksi IHSG, pekan ini menguat 9,98% menjadi 8,04 miliar unit saham dari 7,31 miliar unit saham.

Hal itu diikuti oleh frekuensi transaksi harian yang tumbuh 5,68% menjadi 296,93 ribu kali selama sepekan terakhir dibanding pekan sebelumnya sebanyak 280,95 ribu kali. Namun, rata-rata nilai transaksi harian mengalami penurunan 1,88% menjadi Rp6,23 triliun dari Rp6,35 triliun pada pekan lalu.

Sekadar diketahui, BEI tengah melakukan program-program literasi pasar modal di sepanjang pekan ini. Sosialisasi dan edukasi pasar modal direalisasikan BEI melalui serangkaian kegiatan Public Expose Marathon, peresmian Galeri Investasi, Investor Club di Kantor Perwakilan serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Program literasi pasar modal pertama yang digelar BEI pada pekan ini adalah Public Expose Marathon 2017 yang digelar bersama dengan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), di Jakarta pada 7 hingga 9 Agustus 2017. Sebanyak 54 Perusahaan Tercatat menampilkan paparan publik secara langsung menjabarkan perkembangan terbaru terkait kinerja dan rencana kerja perusahaan.

Pada Jumat (11/8), BEI dan KSEI bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan Program Desa Nabung Saham yang ditandai dengan pelaksanaan Seremoni Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Konferensi Pers pada Jumat (11/8).

BEI, KSEI, dan MNC Sekuritas bekerja sama dengan OK OCE Stock Center menyelenggarakan edukasi untuk jurnalis pasar modal yang bertajuk “Training of Trainers”, Jumat (11/8) di Gedung BEI. Kegiatan ini merupakan wujud konsistensi BEI dalam mengedukasi masyarakat tentang pasar modal. Acara ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Uno, dan Anggota DPRD DKI Jakarta Aristo Purboadji.

BEI bersama dengan KPEI dan KSEI, didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengadakan acara Capital Market Community Gathering 2017 pada Sabtu (12/8). Acara ini dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen, Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, dan diisi dengan seminar inspiratif dari berbagai pembicara.

Pelaksanaan Stock Code Fun Walk pada Minggu (13/8) menandai puncak rangkaian acara Peringatan 40 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia. Acara ini juga ditujukan untuk meningkatkan kebersamaan, menjalin tali silaturahmi, dan meningkatkan motivasi di antara pelaku Pasar Modal Indonesia. Sekitar 10.000 peserta yang merupakan stakeholders Pasar Modal Indonesia ikut meramaikan seremoni ini.

Satu emiten baru di minggu ini melakukan pencatatan saham perdana, yaitu PT Ayana Land International Tbk (NASA) pada Papan Pengembangan BEI sebagai emiten ke-21 di tahun 2017 pada Senin (7/8/2017)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com