Ekonomi

Keuangan ‘Ngos- ngosan’, Sumsel Tetap Pertahankan Anggaran Pendidikan & Kesehatan

Penghargaan dan apresiasinya kepada DPRD khususnya ketua, wakil-wakil ketua dan para anggota Banggar DPRD Sumsel

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Meski kondisi keuangan Negara terbatas, tetapi Gubernur Sumsel Alex Noerdin tetap berjuang untuk mempertahankan anggaran fungsi pendidikan di atas 20% dan anggaran fungsi kesehatan di atas 10% dari APBD.

Di samping itu, katanya dalam kebijakan umum APBD tahun anggaran 2018,  Sumsel juga memprioritaskan pembangunan infrastruktur, penyelenggaraan Pilkada serentak dan tugas negara sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Alex menjelaskan sebagaimana proses pembahasan dan penelitian yang telah dilaksanakan, maka Rancangan APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2018 mengalami penurunan sejumlah lebih kurang Rp2 triliun atau turun 23,12% dari APBD perubahan tahun anggaran 2017 yang telah ditetapkan sejumlah sekitar Rp8,976 triliun, dikarenakan besaran Dana Alokasi akhusus (DAK) untuk provinsi se -Indonesia termasuk Sumsel belum ditetapkan pemerintah pusat, sehingga belum masuk KUA/PPAS anggaran 2018.

Menurutnya APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2018 disepakati sejumlah Rp6 triliun lebih (belum termasuk DAK).

“Saya berterima kasih atas kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin dengan baik antara eksekutif dan legislatif. Semoga kerjasama dan kemitraan ini dapat mewujudkan tujuan kita bersama yaitu mewujudkan kemakmuran masyarakat Sumsel Selatan,” pungkasnya.

Penandatanganan itu dilakukan langsung antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ketua DPRD Provinsi Sumsel Giri Ramanda. Disaksikan para anggota Banggar serta tim anggaran pemerintah daerah Sumsel.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara pimpinan DPRD Provinsi Sumsel dan Gubernur Sumsel terhadap kebijakan umum APBD (KUA) serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2018, di ruang rapat Banggar DPRD Provinsi Sumsel, Selasa (31/10/2017).

Dalam kesempatan itu Gubernur Alex Noerdin menyampaikan penghargaan dan apresiasinya kepada DPRD khususnya ketua, wakil-wakil ketua dan para anggota Banggar DPRD Sumsel serta tim anggaran pemerintah daerah provinsi Sumsel yang telah bekerja sama dengan baik dan bekerja keras menyelesaikan pembahasan dan penelitian terhadap APBD (KUA) serta PPAS APBD provinsi Sumsel tahun anggaran 2018.

“Pada situasi dan kondisi keuangan Negara yang terbatas, termasuk kondisi keuangan Provinsi Sumatera Selatan yang amat terbatas, memerlukan kecermatan dalam penentuan skala prioritas anggaran sesuai arahan Bapak Presiden RI,” ujar Alex Noerdin dalam sambutannya.

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com