Ekonomi

Kepala BI Akui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Gagasan Gubernur Efektif Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

GEBRAKAN yang dilakukan Gubernur Sumsel H Herman Deru mempercepat meningkatkan kesejahteraan masyarkat melakui gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP) dinilai sangat tepat. Sehingga patut mendapat dukungan dari semua pihak   salah satunya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Hari Widodo.

Hari Widodo mengatakan,  gerakan Sumsel Mandiri Pangan   sebuah terobosan yang sangat brilian yang digagas Gubernur Herman Deru  terlebih Provinsi Sumsel merupakan salah satu   daerah yang dijadikan sebagai Lumbung Pangan Nasional.

“Gerakan Sumsel Mandiri Pangan  ini sangat relevan dengan upaya   pemulihan ekonomi  dengan terus  mendorong  peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kita ketahui dampak pandemi sangat terasa, makanya perlunya terobosan seperti gerakan Sumsel Mandiri Pangan,” katanya saat dibincangi, belum lama ini.

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan lanjutnya,  merupakan ajakan agar para   rumah tangga agar bisa menghasilkan kebutuhan pangannya sendiri. Artinya meraka melakukan gerakan menanam komoditas yang diperlukan di dalam keseharian mereka seperti sayur-sayuran, cabai dan komoditas lainnya.

“Jadi saya kira gerakan Sumsel Mandiri Pangan  ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sendiri dengan harapan mengurangi dampak dari pandemi Covid-19,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, Hari menilai melalui gerakan Sumsel Mandiri Pangan   juga diyakini dapat menekan laju inflasi.

“Kalau untuk menekan laju inflasi saya kira ini sangat sejalan karena kalau bicara tentang pengendalian inflasi yang kita kendalikan adalah harga bahan pangan agar tudaj ada   gejolak,” paparnya.

Dengan begitu lanjutnya, melalui  gerakan Sumsel Mandiri Pangan akan tersedia pasokan komoditas yang cukup sehingga akan mengurangi ketergantungan masyarakat pada produk yang dijual dipasaran.

“Dengan tersedia pasokan yang cukup kemudian tidak perlu dengan komsumsi dan membeli ini akan dapat mengurangi laju inflasi terutama yang bersumber dari harga bahan pangan. Saya kira akan sangat sejalan dengan program pengendalian inflasi,” terangnya.

Hari mengajak semua pihak untuk mendukung upaya Pemprov tersebut.

“Saya kira terobosan ini perlu kita dukung tak terkecuali oleh masyarakat itu dengan memanfaatkan perkarangan disekitar rumah, dan nanti manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Sementara itu diberbagai kesempatan Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan gerakan Sumsel Mandiri Pangan  tidak hanya menyangkut permasalahan pangan saja melainkan juga untuk merubah mindset masyarakat agar menjadi produktif untuk menghasilkan kebutuhan sehari – hari.”Program ini tidak hanya menyangkut permasalahan pangan saja, secara esensinya ini merupakan gerakan dalam merubah mindset atau pola pikir masyarakat dari konsumtif menjadi produktif,” tandasnya.(***)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com