Ekonomi

Idul Adha, Gubernur dan Wagub Qurban Sapi Eropa

sapi-qurban

Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Ishak Mekki akan memberi bantuan hewan korban. Untuk Gubernur Sumsel, berat sapi yang bakal dikurbankan seberat 1,2 ton. Sementara Wakil Gubernur Sumsel seberat 500 Kg.

Foto: Ilustrasi Sapi Qurban

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Ishak Mekki akan memberi bantuan hewan korban. Untuk Gubernur Sumsel, berat sapi yang bakal dikurbankan seberat 1,2 ton. Sementara Wakil Gubernur Sumsel seberat 500 Kg.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemprov Sumsel Taufik mengatakan, Sapi Simental Gubernur merupakan peranakan dari hasil kawin silang.

“Sapi Simental, itu jenis sapi Eropa tapi tak murni karena sudah dilakukan perkawinan silang,” katanya, Selasa.

Sapi simental merupakan sapi dari negara Switzerland daerah Simme, dan sudah berkembang di Benua Eropa dan Amerika, yang merupakan hasil persilangan dari sapi Jerman dan sapi kecil asli Swiss.

Bobot sapi simental jantan dewasa bisa mencapai sekitar 1.150 kilogram dan bobot sapi betina dewasa sekitar 800 kilogram.

Sama seperti tahun sebelumnya, gubernur H Alex Noerdin direncanakan akan menyerahkan sapinya ke Masjid Agung, untuk dikurbankan.

Sedangkan, Wakil Gubernur Sunatera Selatan, juga berkurban sapi jenis Eropa atau sapi hasil kawin silang. Mulai dari jenis simra, simental dan brahma dengan berat dikisaran lebih dari 500 kilogram. Kurban Wagub, rencananya akan diserahkan di Masjid Taqwa, bersamaan dengan kurban milik Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel.

Kabid Produksi Peternakan Prov Sumsel, Wayang menambahkan, Sapi Simental Gubernur Sumsel masih ada keturunan jenis sapi simental asal Eropa, dan memang sudah dikembangbiakan di Palembang.

“Kurang pasti lokasinya dimana, namun masih di sekitaran Soak Simpul (Palembang),” imbuhnya

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com