Ekonomi

Harga Ayam Potong di Sejumlah Pasar Tradisional Merangkak Naik

“Pasokan ayam potong sejak dua bulan ini sedikit menurun, karena stok di peternak memang sedikit,”

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Palembang- Musim hajatan beberapa bulan belakangan membuat harga ayam potong merangkak naik.

Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional rata-rata mencapai Rp28.000 per kg. Pantuan ST di pasaran tradisional Kuto, Senin (27/11/2017), harga ayam di jual Rp28.000 per kg dari hari sebelumnya Rp26.000-Rp27.000 per kg. Sebulan lalu harga ayam potong hanya Rp25.000 per kg.

Kenaikan harga ayam  potong disebabkan pasokan di sejumlah peternak ayam mulai menipis sehingga mempengaruhi harga di pasar tradisional.

“Pasokan ayam potong sejak dua bulan ini sedikit menurun, karena stok di peternak memang sedikit,”kata Rundi, pedagang ayam di Pasar Kuto.

Salah seorang pedagang ayam potong di pasar tradisional Sekip Ujung Palembang, Sulastri juga mengatakan hal yang sama, harga daging ayam yang selama ini berkisar Rp 27.000-Rp 28.000 per kg, sejak sepekan terakhir bergerak naik.

“Naiknya harga tersebut dipengaruhi berkurangnya pasokan dari agen, sementara permintaan daging ayam potong itu tetap,” katanya.

Menurutnya kenaikan harga yang terjadi sejak dua hari silam ini disebabkan naiknya harga pakan. Selain itu, pasokan dari daerah sentra produksi memang mengalami pengurangan sehingga jatah para pedagang ikut disesuaikan.

Ari, salah satu pedagang ayam di Pasar Lemabang, mengungkapkan juga jika setiap hari biasanya menerima 70 kilogram hingga satu kuintal. Namun dalam beberapa hari terakhir ini menurun sampai 60 kilogram.

“Sekarang ini permintaan banyak semenjak usai Idul Fitri dan Idul Adha, permintaan semakin tinggi, hal itu juga memang dipengaruhi banyak masyarakat Palembang menyelenggarakan hajat (sedekah) seperti  pernikahan dan lainnya.

Dia memperkirakan hingga akhir tahun permintaan semakin tinggi pasalnya diakhir tahun umat non muslim, akan merayakan Natal dan Tahun Baru.

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com