Ekonomi

CIRAD Kolaborasi dengan Sumsel Kembangkan Biomassa

Tinjau lokasi pilot project restorasi gambut di kawasan sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir .

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Badan Restorasi Gambut (BRG) RI dan CIRAD Agricultural Research for Development Prancis (Lembaga penelitian Prancis) dalam waktu dekat akan melakukan kerjasama potensi pemanfaatan energi biomassa melalui pemanfaatan lahan gambut dan limbah pertanian di Provinsi Sumsel.

Potensi pemanfaatan energi biomassa tersebut merupakan hasil penelitian dari lembaga penelitian CIRAD Prancis yang sebelumnya telah melakukan penelitian di Provinsi Sumsel selama 4 tahun lebih.

Senior riset CIRAD Prancis, Dr Jean Marc Roda telah memaparkan tentang pemanfaatan energi biomassa tersebut kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan jajarannya dalam diskusi tentang kegiatan restorasi gambut di Sumsel di Griya Agung Palembang, Kamis (18/1/2018).

Tim tersebut hadir di Provinsi Sumsel dipimpin langsung Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Nazir Foead dan sudah melakukan peninjauan ke lokasi pilot project restorasi gambut di kawasan sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Gubernur Provinsi Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel sangat menyambut baik pemanfaatan energi biomassa tersebut. Pasalnya Sumsel sendiri memiliki lahan gambut hampir 1,4 juta hektare yang sebagian besar belum termanfaatkan secara optimal.

Menurut Alex, project tersebut akan memberikan banyak manfaat baik dalam upaya restorasi lahan gambut juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani di Sumsel. Selain itu, sebagai upaya mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel.

“Restorasi gambut ini salah satu prioritas Pemerintah Sumsel. Kita akan jadikan Sumsel sebagai yang utama dalam hal ini, apapun yang diperlukan akan kita siapkan,” ujarnya.

 

 

Comments

Terpopuler

To Top