Digital Ekonomi

Udemy Amerika Bakal Rilis Program Pembelajaran di Indonesia

Foto : Istimewa

Sumselterkini.co.id, Jakarta – Udemy, marketplace di bidang pendidikan yang berbasis di Amerika Serikat, akan merilis program-program baru di Indonesia untuk mendukung kebutuhan pembelajaran. Platform itu melokalisasi kontennya ke dalam bahasa Indonesia, tak hanya konten, tetapi juga situs dan aplikasi Android/iOS, serta metode pembayaran.

Kehadiran Udemy di Indonesia juga menjadi tempat bagi instruktur lokal dengan keahlian membuat kursus yang terstruktur, tak hanya dalam bentuk video, tetapi juga modul pembelajaran atau kuis dalam Bahasa Indonesia. Ini selaras dengan tujuan Udemy untuk mendukung transformasi edukasi di Indonesia, sekaligus memperbaiki kehidupan melalui pembelajaran.

“Tujuan kami tidak hanya terfokus pada masyarakat yang ingin belajar, tapi juga membantu para instruktur untuk membuat konten berkualitas,” ujar Market Manager Indonesia Udemy, Giri Suhardi, Selasa (5/3/2019).

Oleh karena itu, mereka menyediakan studio Udemy pertama di Asia untuk memberdayakan para instruktur asli Indonesia. Letak studionya berada di Jakarta, ada pula studio rekanan yang bekerja sama dengan pihak ketiga yang terletak di Bandung.

Giri berkata, “Kami harap studio produksi kami di Jakarta akan memberdayakan para instruktur lokal dalam membagikan pengetahuan dan membuat kursus di Udemy. Kami percaya, tak semua guru bisa ditemukan di ruang kelas.”

Saat ini, Udemy telah memiliki sekitar 30 instruktur lokal dengan jumlah konten di kisaran 100. giri berharap, akan ada lebih banyak instruktur yang bersedia untuk bergabung dengan platform perusahaannya di Indonesia. Tak hanya itu, Udemy juga menargetkan untuk menjaring lebih banyak universitas dan lembaga kursus untuk menjalin kemitraan dengan mereka.

“Saat ini, dari sisi universitas kami bekerja sama dengan baik bersama Universitas Binus, ada pula sejumlah offline course. Harapannya bisa memperluas kolaborasi dengan pihak lain,” pungkas Giri lagi.

Platform yang berbasis di San Fransisco itu didirikan pada 2010. Jumlah siswa mereka bertumbuh sebesar 10 juta siswa dari Januari-Desember 2018 secara global. Lebih dari 30 juta orang dari berbagai negara telah mengakses 100 ribu kursus yang diajarkan oleh instruktur dengan 50 bahasa yang berbeda di Udemy.[**]

Penulis : Warta ekonomi

 

 

Comments

Terpopuler

To Top