CSR

Pusri Gaet Anak Petani Untuk Jadi Sarjana

“Kita sudah menggalang kerja sama dengan UNIB sejak 2015,”

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Bengkulu – PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menggaet anak petani untuk dijadikan sarjana melalui seleksi penerimaan beasiswa.

Ada 23 diusulkan untuk mendapatkan beasiswa dari Pusri melalui seleksi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Namun dalam seleksi Administrasi nantinya bakal diserap lagi menjadi 15 peserta dan akan mengikuti tahapan seleksi wawancara di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (UNIB), akhir pekan lalu.

Tahapan seleksi wawancara itu langsung dilaksanakan tim dari PT Pusri bagian SekPer, Ning Subiarti dan Reza Hendrawan dari Humas bagian CSR. Sebelum seleksi dimulai, personil PT Pusri disambut Dekan Pertanian UNIB, Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi selingkung FP UNIB, Kasubbag dan staf Kemahasiswaan FP UNIB, serta utusan UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional (UPT KSLI) bertempat di aula FP UNIB.

Staf Humas Bagian CSR PT Pusri, Reza Hendrawan mengatakan seleksi beasiswa ini tindak lanjut dari perpanjangan kerjasama (MoU) antara PT Pusri dengan UNIB untuk 3 tahun ke depan.

“Kita sudah menggalang kerja sama dengan UNIB sejak 2015. Sekarang diperpanjang beberapa tahun kedepan,” ungkapnya mengutip Bengkulu Ekspress, Senin (16/4/2018).

Pada kesempatan ini, tim seleksi melakukan seleksi wawancara bagi 15 calon penerima beasiswa. Dari jumlah itu diambil sebanyak 5 orang.

Program Beasiswa Anak Petani Jadi Sarjana ini dikhususkan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 201,7 yang berprestasi dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) satu semester minimal 3,0, dan calon penerima beasiswa merupakan anak petani atau buruh tani yang secara ekonomi tergolong kurang mampu, serta berniat berkarir di sektor pertanian dan kembali untuk membangun daerahnya setelah lulus nanti.“Selain seleksi wawancara, rumah calon penerima beasiswa juga disurvei,” katanya.

Reza menambahkan beasiswa yang diberikan PT Pusri diakomodir dalam 2 komponen utama, yaitu bantuan biaya pendidikan (UKT) dan bantuan biaya transportasi yang diberikan selama masa studi (8 semester), tidak disebutkan besaranya karena besaran UKT masing-masing universitas berbeda.

Setelah proses seleksi tuntas, maka nama-nama penerima beasiswa dikirimkan PT Pusri ke UNIB melalui Fakultas Pertanian, pengumumanya diserahkan sepenuhnya kepada fakultas.

Para penerima beasiswa harus mempertahankan IP-nya. Karena setiap semester beasiswa tersebut dievaluasi. Jika dalam perjalanan penerima beasiswa tidak memenuhi ketentuan, maka beasiswa yang diberikan diputus.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Fahrurrozi, M.Sc, Ph.D, sangat mengapresiasi adanya beasiswa PT Pusri ini. Menurutnya beasiswa PT Pusri selaras dengan cita-citanya untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi, khususnya bidang pertanian bagi anak petani dan buruh tani yang berprestasi, yang dikemas melalui Corporate Social Responsibility (CSR).[BE]

Comments

Terpopuler

To Top