Bursa & Index

Uang Garuda Anjlok, Darmin: Bisa Stabil Tapi Angkanya Tidak Bisa Kembali Semula

foto : ilustrasi

SUMSELTERKINI.ID, Jakarta  – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai uang garuda bisa saja stabil namun angkanya tidak bisa kembali seperti semula. Hal itu terkait dengan nilai tukar rupiah yang terus mengalami pelemahan terhadap dollar AS.

Menurutnya rupiah terus terjadi lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal sehingga yang harus mengintervensi adalah Bank Indonesia (BI) bukan pemerintah.

“Tapi jika faktor pelemahan berasal dari faktor internal maka pemerintah yang akan masuk di depan untuk mengatasinya,’ungkapnya, melansir Okeone, Selasa (24/4/2018).

Faktor global, paparnya yang menyebabkan pelemahan Rupiah bukan hanya kenaikan suku bunga bank sentral AS (The Fed). Tapi pelemahan juga muncul akibat perang dagang yang saat ini masih terus berlanjut.

Dengan keadaan ini maka dia menilai, tekanan akan berhenti saat masalah global juga kembali membaik. Tapi membaiknya Rupiah setelah tekanan mungkin tidak bisa ke kondisi semula di kisaran Rp13.500 per USD.

Namun ia mengingatkan pelemahan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi masih banyak negara lain yang lebih terpuruk pelemahan mata uangnya terhadap dolar AS. Untuk melihat bahwa masih banyak negara lain dibandingkan Indonesia yang terpuruk jangan dilihat hanya dari satu sisi saja seperti jumlah nilainya.

Meski demikian, Darmin meyakini fundamental Rupiah masih tetap stabil. Hanya saja angka detailnya Darmin enggan menjelaskan lebih lanjut.

“Akan ada keseimbangan baru (nilai Rupiah), tapi tidak bergerak terlalu tinggi. Saya tidak ingin (sebut angka), tapi sebenarnya pertanyaan seperti itu. Dia akan mengarah ke angka fundamentalnya dia. Fundamentalnya dia berapa, sebenarnya ya masih angka-angka yang seperti itu (saat sebelum melemah),” tukas dia.

Sebelumnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus mengalami pelemahan. Mengutip Bloomberg pada Selasa pukul 11.00 WIB, rupiah pada perdagangan spot exchange menyentuh level Rp13.885. Keterpurukan Rupiah ini bahkan sudah dikeluhkan oleh para pengusaha.

 

Comments

Terpopuler

To Top