BUMN

Wow, 11 Ribu Talenta Bakal Disaring di Perusahaan BUMN, Berminat ?

foto : istimewa

Sumselterkini.co.id, Jakarta – Perusahaan BUMN di Indonesia tengah mencari talenta-talenta muda untuk bergabung mengisi job di BUMN, mungkin ada berminat coba baca ini.

110 perusahaan BUMN butuh karyawan yang energik, hal itu diungkapkan Menteri BUMN Rini Soemarno mengutip Liputan 6, minggu.

Ada total 110 dari 143 perusahaan BUMN yang ikut dalam perekrutan ini. Posisi yang dibuka pun ada 9.000 posisi sehingga diharapkan bisa menampung minat para pelamar.

Ada tahap tes yang perlu dilalui para pelamar, di antaranya seleksi kemampuan dasar yang dilaksanakan secara online, setelahnya masuk ke seleksi BUMN sesuai perusahaan yang dituju.

“Nah, itu dibuat dalam soal-soal. Kemudian ada tes kemampuan dasar. Mirip psikotes bagi yang telah lulus tes BUMN values tersebut. Setelah mereka lulus dua tahap tersebut baru dikabari kapan tes selanjutnya. Nah tes selanjutnya itu dikabari BUMN masing-masing,” jelas dia.

Berbeda dari seleksi ASN, karena tes seleksi awal dilakukan secara online, maka pelamar tidak perlu datang ke suatu lokasi kantor. Perekrutan BUMN juga akan bersifat inklusif. Selain terbuka untuk lulusan SMA hingga S2, para penyandang disabilitas juga akan mendapatkan alokasi rekrutmen.

“Perekrutan ini juga sebagai wujud pemerataan pembanguman yang berkeadilan. Ada 4 tujuan dalam perekrutan ini yaitu BUMN Employer Branding, standarisasi, efisiensi, dan diversity atau keberagaman,” jelas Herdi.

Herdy berharap melalui rekrutmen ini BUMN bisa menjaring anak-anak muda yang inovatif, kreatif, profesional dan dapat menjadi agent of change.

“Kriteria umumnya itu mencari anak-anak yang berkarakter dan inovatif. BUMN ini kita coba deskripsikan secara nilai-nilai: berintegritas, berwawasan kebangsaan, inovatif dan profesionalisme, dia sinergi, kolaborasinya bagus. Nah anak-anak yang punya dimensi itu yang kita sasar,” paparnya.[**]

 

Comments

Terpopuler

To Top