BUMN

Ngadep Walkot, Pertamina Rencana Gulirkan Program Langit Biru, Palembang Kota Pertama di Sumatera

foto : Istimewa

PT Pertamina  (Persero) melalui Marketing Operation Sumbagsel akan melaksanakan program langit biru, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang.  Hal tersebut disampaikan dalam audiensi Wali Kota Palembang dengan perwakilan Pertamina yang dipimpin Manager Fuel Retail Marketing Operation II Sumbagsel, Riza Pahlevi dan rombongan di ruang Rapat Wali Kota, Selasa (6/10/2020).

Program langit biru mengajak masyarakat Palembang untuk menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, mengatakan rencana tersebut mendapat dukungan baik dari Walikota Palembang sesuai Peraturan Menteri KLHK No. 20 Thn 2017 tentang penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4 (min RON 91).

“Ini juga bagian dari dukungan kami (Pertamina) untuk Pemkot Palembang. Yang mana lingkungan Palembang memiliki kualitas udara bersih dimana pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan Langit Biru, Kategori Kota Metropolitan evaluasi kualitas udara perkotaan tahun 2019. Palembang berada diurutan nomor lima, setelah Kota Banda Aceh, Cimahi, Jambi dan Batam,”jelas Dewi.

Rencananya, program ini akan diwujudkan pada akhir Oktober 2020. Di mana masyarakat bisa membeli Pertalite seharga Premium, khusus untuk kendaraan roda dua, roda tiga, taksi, dan angkutan umum plat kuning.

“Tadi dari Pak Walikota mengijinkan program ini dilaksanakan di 39  SPBU di wilayah Kota Palembang. Dimana nanti Pertalite akan didiskon sebesar Rp 1400 per liter, sehingga harganya menajadi Rp 6.450 per liter atau seharga Premium,”ungkapnya.

Dia menerangkan SPBU nantinya akan ada Pertalite harga diskon untuk kendaraan roda dua, roda tiga, taksi dan kendaraan umum berplat kuning, serta Pertalite harga normal.

Sementara 14 SPBU yang saat ini masih menjual Premium sesuai arahan Pak Walikota akan juga diikutsertakan dalam program ini, sehingga nanitnya akan dijual Pertalite seharga Premium juga.  Dengan demikian Palembang menjadi kota pertama di Pulau Sumatera yang menerapkan program langit biru, setelah di Denpasar, dan Tangerang Selatan.

Ia menambahkan, karena kendaraan sekarang sudah keluaran terbaru, di mana sesuai spesifikasi kendaraan gunakan BBM RON nya 92 minimal, sehingga harus dengan gunakan BBM ramah lingkungan.

“Untuk tahap pertama ini sampai Desember. Ini program nasional, dan pertama telah dilaksanakan di Denpasar, kemudian diikuti Tanggerang Selatan selanjutnya Palembang. Kenapa Palembang, karena udara nya telah bersih dan masyarakatnya sadar akan bahan bakar yang ramah lingkungan,” kata Dewi.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, Pertalite sudah diminati sebagian besar pengendara, serta mampu menjadikan kendaraan ramah lingkungan.

“Dan pastinya dengan harga seperti itu, tentu Pertalite ini sangat membantu masyarakat kecil. Khususnya ojek dan taksi, tentu mesinnya juga nanti akan bagus dan kendaraannya juga tidak mudah rusak. Pemkot Palembang menyambut baik program langit biru ini.”[***]

Za

 

Comments

Terpopuler

To Top