Otomotif

Porsche akan hadirkan mobil sirkuit spektakuler untuk penggemar & kolektor mobil sport di Rennsport Reunion 7

foto :newsroom.porsche.com

Sumselterkini.co.id, – Rennsport 911 GT3 R dengan keluaran tenaga hingga 456 kW (620 PS) didasarkan pada 911 GT3 R baru generasi 992 saat ini. Tracktool edisi terbatas ini merupakan hasil pendekatan berorientasi desain dan secara teknis memanfaatkan kebebasan yang melampaui peraturan motorsport. Pertemuan internasional Porsche akan berlangsung di trek balap California mulai 28 September hingga 1 Oktober. Lebih dari 80.000 pengunjung diperkirakan akan menghadiri acara empat hari tersebut.

 

 

Salah satu keistimewaan barang koleksi unik yang terbatas 77 unit ini adalah bodinya yang didesain khas. Porsche 911 GT3 R rennsport memadukan tampilan bertenaga dari mobil kompetisi berperforma tinggi dengan elemen desain modern. Pada saat yang sama, ia kembali ke sejarah motorsport pabrikan mobil sport tersebut tanpa beralih ke tampilan retro. Faktor performa dasar model GT3 asli, seperti hambatan udara dan downforce aerodinamis sebagian besar masih belum tersentuh. Sebagai mobil balap murni, bentuk rennsport 911 GT3 R terus mengikuti fungsinya – namun ia melakukannya dengan cara yang sangat emosional dan menarik.

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Desain eksklusif, performa terbaik: Porsche 911 GT3 R rennsport baru

Porsche akan menghadirkan mobil sirkuit spektakuler bagi para penggemar dan kolektor mobil sport di Rennsport Reunion 7 yang akan digelar di WeatherTech Raceway Laguna Seca.

Rennsport 911 GT3 R dengan keluaran tenaga hingga 456 kW (620 PS) didasarkan pada 911 GT3 R baru generasi 992 saat ini. Tracktool edisi terbatas ini merupakan hasil pendekatan berorientasi desain dan secara teknis memanfaatkan kebebasan yang melampaui peraturan motorsport. Pertemuan internasional Porsche akan berlangsung di trek balap California mulai 28 September hingga 1 Oktober. Lebih dari 80.000 pengunjung diperkirakan akan menghadiri acara empat hari tersebut.

 

Salah satu keistimewaan barang koleksi unik yang terbatas 77 unit ini adalah bodinya yang didesain khas. Porsche 911 GT3 R rennsport memadukan tampilan bertenaga dari mobil kompetisi berperforma tinggi dengan elemen desain modern. Pada saat yang sama, ia kembali ke sejarah motorsport pabrikan mobil sport tersebut tanpa beralih ke tampilan retro. Faktor performa dasar model GT3 asli, seperti hambatan udara dan downforce aerodinamis sebagian besar masih belum tersentuh. Sebagai mobil balap murni, bentuk rennsport 911 GT3 R terus mengikuti fungsinya – namun ia melakukannya dengan cara yang sangat emosional dan menarik.

 

Wolfgang Porsche, Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Wolfgang Porsche, Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, Rennsport Reunion, WeatherTech Raceway Laguna Seca, California, 2023, Porsche AG

 

“Porsche 911 GT3 R rennsport baru menawarkan pengalaman mengendarai mobil balap berbasis nine-eleven dalam bentuk yang mungkin paling primitif,” Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Motorsport, menekankan. “Ini membuat Anda merinding setiap kali melihatnya dan memadukan teknologi motorsport terbaik dengan bahasa desain khas Porsche. Dengan performanya yang luar biasa, 911 GT3 R rennsport menjadikan sejarah merek kami nyata dan terdengar. Hanya saja Sangat tepat jika kami akan mempersembahkannya kepada komunitas besar penggemar Porsche di Rennsport Reunion 7 di Laguna Seca. Ini adalah penawaran eksklusif kepada pelanggan kami yang hanya mengenal satu batasan: edisi terbatas sebanyak 77 unit.”

 

Mobil sport luar biasa ini dirancang oleh Grant Larson dan Thorsten Klein dari tim Style Porsche. “911 GT3 R rennsport akan mengambil tempatnya sebagai penerus logis dari Porsche 935 modern. Meskipun 935 secara teknis didasarkan pada 911 GT2 RS Clubsport yang mendekati standar, 911 GT3 R rennsport menggunakan 911 GT3 R yang ada saat ini dari 992. generasi sebagai basisnya. Di balik kulit karbon yang didesain ulang secara ekstensif adalah mobil balap murni,” Larson menekankan. Orang Amerika itu adalah Direktur Proyek Khusus di Style Porsche selama 14 tahun. Bersama dengan Thorsten Klein, dia bertanggung jawab atas kendaraan individual Porsche Exclusive Manufaktur. Thorsten Klein menambahkan: “Kami telah memberikan model edisi terbatas ini sedikit lebih lebar dan memanjangkan panjangnya secara visual, sekaligus duduk sangat rendah dengan roda yang didesain dengan indah. Hal ini memberikan proporsi yang sempurna dan membuatnya terlihat lebih spektakuler. ”

 

Desain khas dengan kharisma bertenaga dan bagian belakang lebar

Secara umum, hanya kap mesin dan atap yang diambil alih dari GT3 R standar. Semua elemen bodi lainnya telah diubah. Larson dan timnya telah mengadopsi sebagian besar geometri hidung kendaraan yang dioptimalkan secara aerodinamis, termasuk saluran masuk dan saluran udara pendinginnya. Para desainer juga mengatur aksen visual di area sekitar sirip samping dan flics. Mereka sekarang dibingkai oleh penutup samping dan dilindungi dari kerusakan akibat benturan eksternal. Bentuk panel pemasukan dan keluar udara pada lengkungan roda depan yang dimodifikasi secara radikal menggarisbawahi penampilan yang lebih percaya diri. Kaca spion konvensional telah dihilangkan dan diganti dengan kaca spion digital. Sebuah sistem yang terdiri dari tiga kamera yang terintegrasi pada kulit luar kendaraan dan monitor di kokpit kini melakukan tugas ini.

 

Modifikasi pada bagian belakang mobil balap memiliki karakter yang khas. Sayap belakang berukuran besar menjadi komponen dominan yang menghadap aliran udara. Desainnya mengingatkan pada Brumos Porsche 935/77 yang legendaris, di mana Peter Gregg dari Amerika, bersama dengan Toine Hezemans dari Belanda dan Rolf Stommelen dari Jerman, meraih kemenangan ketujuh secara keseluruhan untuk sebuah Porsche di 24 Hours of Daytona pada tahun 1978. .

 

Interpretasi berani di bagian belakang mengembangkan dampak visual yang juga tercermin dalam angka gaya tekan ke bawah: untuk memastikan bahwa beban pada elemen horizontal tetap dalam batas yang ditentukan dalam standar, elemen tersebut telah dilengkapi dengan dua penyangga vertikal tambahan. Dari segi fungsinya, mereka mengingatkan pada mobil balap Porsche 962 Le Mans sehingga menjembatani kesenjangan antara masa lalu dan masa kini. Bilah lampu yang terdiri dari strip LED halus, yang kini dilengkapi huruf-huruf Porsche yang menyala, menjadi ciri bagian belakang yang lebih lebar secara keseluruhan. Satu tingkat lebih rendah, apron belakang yang sebagian besar terbuka tidak dilengkapi penutup gril dan panel karena alasan bobot. Hal ini memberikan pandangan yang jelas tentang komponen teknis di belakangnya dan juga sistem pembuangan dengan pipa knalpot kembar yang diposisikan di tengah.

 

Klaim desain khusus dari rennsport 911 GT3 R juga tercermin pada interior yang sedikit dimodifikasi. Monitor dari dua kamera eksterior yang dipasang di spatbor berpadu serasi dengan interior di setiap sisi. Grafis khusus untuk splash screen di layar tengah dan nomor edisi terbatas di panel instrumen telah diberi bentuk mobil balap, sedangkan pencahayaan ambient mengadopsi tema lampu depan utama yang dapat disesuaikan warnanya untuk interior. Seluruh fitur keselamatan telah memenuhi standar FIA yang berlaku. Desain roll cage yang sangat kaku memungkinkan pemasangan kursi pengemudi saja. Seperti halnya 911 GT3 R yang digunakan di seluruh dunia, “rennsport” terbatas adalah mobil balap satu tempat duduk.

 

Dengan tampilannya yang mencolok, pelek 18 inci dari BBS dengan desain “balap” eksklusifnya juga menarik perhatian. Mereka menggabungkan semua persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh roda kompetisi dengan penguncian sentral, termasuk standar desain yang tinggi. Porsche Motorsport mengecatnya dengan warna Dark Silver Metallic sebagai standar.

 

Konsep warna baru dengan opsi penyesuaian yang diperluas

Dalam hal konsep warna, 911 GT3 R rennsport membuat terobosan baru. Porsche menawarkan barang bekas kolektor baru dengan bodyshell yang dicat Agate Grey Metallic dan bodywork dengan karbon murni. Mobil balap ini akan tersedia untuk pertama kalinya dalam tujuh warna, termasuk Star Ruby dan Signal Orange, misalnya. Selain itu, tersedia tiga desain cat eksklusif yang memungkinkan penyesuaian lebih lanjut. Thorsten Klein, Style Porsche Project Manager untuk rennsport GT3 R: “Porsche telah dibentuk oleh sejarahnya yang kaya. Hal ini terutama berlaku dalam dunia balap. Hal ini kemudian menginspirasi kami, tentu saja, tetapi kami sama sekali tidak ingin memproduksi salinannya atau cat retro yang jelas. Tiga opsi yang kami pilih adalah interpretasi baru yang realistis dan tidak secara terang-terangan mengacu pada sejarah merek tersebut.”

 

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

 

“Rennsport Reunion Design” didasarkan pada warna motorsport tradisional dan meluncurkan gelombang melintasi kontur permukaan bodi eksterior yang menakjubkan. Mengalir dengan cara yang mengingatkan pada kombinasi sudut Corkscrew yang legendaris di Laguna Seca, tempat yang dipilih untuk pemutaran perdana dunia 911 GT3 R rennsport. Penghormatan ini menonjolkan proporsi kendaraan dan sayap belakangnya, yang semakin ditonjolkan oleh permukaan karbon yang masih terlihat. Bersama dengan pilihan skema cat opsional, umumnya dilapisi dengan lapisan bening semi-gloss. Dengan skema warna merah dan putih, “Flacht Design” menampilkan warna-warna tradisional yang digunakan oleh Porsche Motorsport. Ini bermain secara visual dengan spatbor yang melebar pada khususnya. Istilah “Flacht” didedikasikan untuk distrik di dalam Porsche Development Center Weissach, tempat departemen motorsport berada. Opsi ketiga adalah “Desain Ikon Kecepatan”. Ini didasarkan pada nuansa biru yang berbeda, yang fokus utamanya pada lebar kendaraan.

 

Mesin balap yang lebih bertenaga

Pada prinsipnya, rennsport 911 GT3 R didasarkan pada mobil balap GT3 Porsche saat ini. Namun, dibandingkan dengan 911 GT3 R generasi 992, model edisi terbatas ini melampaui persyaratan ketat homologasi motorsport atau pembatasan yang diberlakukan oleh “Balance of Performance” (BoP). Tim pengembangan yang mendukung Dr.-Ing. Andreas Singer telah mengubah kebebasan tambahan ini menjadi mobil sirkuit yang lebih emosional dengan berbagai penyempurnaan teknis. Ini menggabungkan lebih banyak tenaga mesin dengan bobot yang lebih ringan dan desain spektakuler dengan suara mengagumkan yang mirip dengan 911 RSR. Hasilnya mungkin adalah alat lintasan terpanas yang pernah disediakan Porsche sebagai barang koleksi.

 

Porsche 911 GT3 R rennsport, 2023, Porsche AG

Mesin boxer enam silinder 4,2 liter pada 911 GT3 R, sebuah unit tenaga yang berputar hingga 9.400 rpm, mendapat keuntungan khususnya dari penghapusan batasan yang diberlakukan oleh peraturan: mesin ini mencapai puncak tenaga hingga 456 kW ( 620 PS). Hal ini setara dengan output tenaga sebesar 148 hp per liter perpindahan – kemungkinan besar merupakan rekor untuk mesin natural aspirated pada mobil balap GT. Dengan demikian, mesin ini jauh lebih bertenaga dibandingkan unit daya aslinya, yang dapat menghasilkan tenaga hingga 416 kW (565 PS) pada 911 GT3 R, tergantung pada peringkat BoP. Mesin empat katup berpendingin air dengan injeksi bensin langsung telah dirancang untuk menggunakan bahan bakar E25. Ini termasuk bahan bakar bio-etanol dan apa yang disebut reFuel, selain bahan bakar elektronik yang diproduksi secara regeneratif, yang memungkinkan pengoperasian yang hampir netral karbon. Dengan kecenderungan ketukan yang lebih rendah, mesin ini membuka jalan bagi sudut pengapian yang lebih maju dan peningkatan kompresi di enam ruang bakar. Piston dan camshaft yang dikembangkan khusus untuk mesin rennsport GT3 R memberikan peningkatan performa, terutama saat menggunakan bahan bakar E25. Namun, mesinnya juga bisa dijalankan dengan bahan bakar konvensional.

 

Transmisi tenaga ke roda belakang, termasuk girboks mesh konstan enam percepatan berurutan, berasal dari 911 GT3 R dengan hanya sedikit modifikasi. Pergantian gigi dilakukan melalui dayung roda kemudi yang mengontrol aktuator perpindahan gigi elektronik. Rasio transmisi gigi depan keempat, kelima dan keenam sesuai dengan pengaturan Daytona pada mobil balap GT3. Pada gigi keenam, dengan putaran mesin 9.000 rpm, memberikan mobil kecepatan tertinggi sekitar 20 kpj lebih tinggi dibandingkan rasio gigi homologasi FIA yang lebih pendek pada GT3 R.

 

Pada versi tanpa peredam, sistem knalpot balap dengan pipa knalpot kembar yang diposisikan di tengah menawarkan suara mesin yang autentik dan sangat emosional. Dua versi yang lebih senyap dilengkapi dengan peredam suara dan konverter katalitik tersedia untuk sirkuit balap dengan pembatasan kebisingan.

 

Sasisnya juga pada dasarnya identik dengan mobil balap GT3. Pada gandar depan, tata letak suspensi double wishbone yang canggih masih digunakan untuk melakukan pemanduan roda dengan suspensi multi-link yang terpasang di bagian belakang. Peredam kejut balap lima arah yang dapat disesuaikan dari KW memiliki fungsi blow-off. Porsche Motorsport menghadirkan rennsport 911 GT3 R dengan pengaturan dasar tertentu. Penyetelan lebih lanjut pada suspensi dapat dilakukan dengan menggunakan shim. Keuntungannya: memungkinkan penyesuaian halus dilakukan tanpa memerlukan pengukuran suspensi yang memakan waktu.

 

Nilai jual unik lainnya dari mobil ini adalah ban balap yang ditawarkan Michelin khusus untuk pelanggan GT3 R rennsport. Ban ini mendapat manfaat dari konstruksi baru yang dipadukan dengan tapak kompon baru yang menghasilkan pemanasan dan kemampuan berkendara yang lebih baik dibandingkan dengan Michelin Pilot Sport M S9 (S9M). Selain itu, desain ban yang dikembangkan secara khusus pada dinding samping ban berpadu sempurna dengan tampilan kendaraan.

 

Sistem rem balap aluminium monoblok dari AP telah diberi bantalan rem dengan backing plate titanium. Mereka mengurangi total massa unsprung sekitar satu kilogram. Tangki pengaman FT3.5 baru berkapasitas 117 liter juga memiliki fitur penghemat bobot, lebih ringan satu kilogram dari versi sebelumnya dan kedepannya juga dapat digunakan pada 911 GT3 R untuk ajang balap. Fitur penghematan berat lainnya adalah penghapusan sistem pendingin udara. Ventilasi untuk pengemudi disediakan oleh konsep pendingin kursi 911 GT3 R. Secara keseluruhan, pengembang menargetkan bobot 1.240 kilogram untuk 911 GT3 R rennsport. Ini setara dengan rasio bobot terhadap daya sebesar 2,0 kg/PS.[***]/ril : newsroom.porsche.com

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com