Politik

Partai di Sumsel Mulai Sibuk Cari Kandidat Untuk Diusung di Pilgub/wagub Sumsel

pilkada-sumsel-2018

Sejumlah Partai Politik yang memiliki suara dominan di Sumsel mulai sibuk untuk melakukan survey setelah sebelumnya melakukan penjaringan bakal calon (Balon) gubernur/wakil gubernur Sumsel.

Foto: teraspalembang.com

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Sejumlah Partai Politik yang memiliki suara dominan di Sumsel mulai sibuk untuk melakukan survey setelah sebelumnya melakukan penjaringan bakal calon (Balon) gubernur/wakil gubernur Sumsel.

Ketua Bapilu Golkar Sumsel M Yansuri mengakui, saat ini partai berlambang beringin sedang melakukan survei terhadap 10 bakal calon yang telah mendaftar di DPD I Partai Golkar Sumsel dengan menggandeng 7 lembaga survei yang telah ditunjuk DPP Golkar.

“Survei sedang dilakukan DPP dengan menggandeng 7 lembaga survei,” kata Yansuri, kemarin.

Menurutnya, semua calon yang mengembalikan berkas pendaftaran akan disurvei. Survei tersebut dilakukan untuk menentukan siapa nama bakal calon yang layak untuk diusung Golkar di pilgub Sumsel mendatang. “Dari 12 calon yang mengambil formulir, ada 10 yang mengembalikan. 10 orang itulah yang akan disurvei,” kata dia.

Sementara itu, untuk menentukan siapa Bakal Calon yang diusung, Demokrat Sumsel akan melakukan dua kali survei.

Survei pertama dilakukan setelah partai berlambang segitiga mercy ini selesai menjaring bakal calon gubernur/wakil gubernur Sumsel tepatnya pada Agustus ini.

Sementara survei kedua akan dilakukan sekitar pertengahan Oktober 2017 mendatang. Selanjutnya hasil survei akan diserahkan ke DPP Partai Demokrat.

Ketua Bapilu DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzarekki mengatakan, finaliasi survei di tahap dua pada Oktober akan diserahkan langsung ke DPP, selanjutnya DPP yang akan memutuskan siapa calon yang akan diusung partai Demokrat di Pilgub Sumsel tahun depan.

“Bakal calon yang mendaftar di Demokrat diwajibkan menyerahkan hasil survei dari lembaga survei yang telah kami tentukan. Selain itu syarat khusus lainnya pendaftar harus menyertakan video singkat berdurasi maksimal lima menit yang berisikan profil bakal calon,” ujar Muchendi belum lama ini.

DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumsel pun demikian. Partai berlambang ka’bah ini akan mensurvei bakal calon gubenur yang telah mendaftar di partainya.

“Tentu salah satu acuan survei. Kupikir partai politik akan mendukung kandidat yang punya peluang menang yaitu mengacu pada survei,” katanya.

Survei lanjut Rizal akan dilakukan Sepetember mendatang. Selain melakukan survei internal, seluruh bakal calon juga diwajibkan melampirkan hasil survei.

Selain mengacu pada survei, dalam menentukan calon PPP juga akan mendengarkan visi misi masing-masing kandidat pada Muskerwilsus yang digelar DPW PPP Sumsel pada pertengahan September mendatang. “Dari muskerwilsus itu kita akan menentukan tiga nama untuk disetor ke DPP PPP,” pungkasnya.

Comments

Terpopuler

To Top