Peristiwa

PUI Bikin Cabang di Palembang

“Ketika tidak terlibat lagi politik maka PUI kembali ke ormas Islam,”

foto :PUI

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Persatuan Umat Islam (PUI) terus mengembangkan sayapnya, selain telah terbentuk di Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Banten, Lampung,Sulawesi Selatan dan Utara,  kini Kota Palembang menjadi daerah ekspansi PUI.

“Alhamdulillah, Persatuan Umat Islam (PUI) terus melebarkan sayap organisasi, kami hadir di Palembang, “ kata Ketua Majelis Suro PUI, Ahmad Hernawan, sabtu kemarin.

Gubernur Jabar itu, menerangkan PUI berpusat di Jawa Barat. Beberapa PUI yang sudah terbentuk diantaranya PUI yang lahir di Majalengka yang didirikan KH Abdul Halim pada 1911 sedangkan dari Sukabumi gunung Puyuh oleh KH Ahmad Sanusi.

Sedangkan pada 1952 keduanya memutuskan ada penyatuan antar dua organisasi yakni PUI Majalengka dan Sukabumi.

“Jadilah PUI yang sekarang ada dengan sebaran seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten termasuk Jawa Barat dengan anggota yang paling banyak,”kata Aher kepada wartawan di Palembang.

Keberadaan PUI juga sebenarnya bukan ada dibeberapa kota, namn  sudah menyebar hingga di  30 provinsi di Tanah Air.

Gubernur Jabar menjelaskan sebagai organisasi masyarakat (Ormas) PUI sejak berdirinya berkomitmen bersama-sama dengan Muhammadyah, Nahdatul Ulama mengawal kemerdekaan. Bahkan PUI menjadi pendiri Partai Masumi, yaitu salah satu partai terbesar Islam saat itu.

Ketika tidak terlibat partai politik praktis PUI, maka organisasi Islam tersebut kembali ke ormasnya yang bergerak di bidang sosial, pendidikan pemberdayaan masyarakat dan umat. “Ya ketika tidak terlibat lagi politik maka PUI kembali ke ormas Islam,”ungkap Aher.[bud]

Comments

Terpopuler

To Top