Peristiwa

Pasca Kebakaran 11 Rumah Di Lais, Pemkab Muba Berencana Bedah Rumah Korban

Foto : Humas Muba

Tim OPD Kabupaten Musi Banyuasin [Muba] bersama Forkopimcam langsung melakukan gotong-royong menyelematkan sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan, pasca kebakaran yang menghanguskan 11 Rumah Warga di Desa Teluk Kijing, Kecamatan Lais, Muba. Bupati Muba Dodi Reza Alex menginstruksikan guna meng inventarisir jika memungkinkan lakukan program bedah rumah. 

11 Rumah warga terlihat sudah hangus, meski demikian tiang-tiang penyanggah [cagak] rumah panggung yang terbuat dari beton masih tampak berdiri kokoh. Hanya saja sebagian cagak kayu rumah dari kayu yang terlihat gosong akibat dilalap api, puing-puing kayu rumah, genteng dan perabotan dapur berserakan di lahan rumah terbakar itu.

 

Matahari yang bersinar sedikit malu -malu, dan langit terlihat mendung, mengiring langkah Tim Damkar Kecamatan Lais dan Pemkab Muba, serta Tim Medis dari Puskesmas saat meninjau lokasi kebakaran di desa tersebut, Sabtu [15/6/2019].

Mereka pun tak surut untuk menjalankan tugasnya, apalagi  Bupati Muba Dodi Reza Alex, pasca kebakaran telah menginstruksikan mereka untuk memantau kondisi para korban dari 11 rumah yang terbakar.

Tercatat, ada sebanyak 15 Kepala Keluarga [KK] dan 57 jiwa dari 11 rumah yang terbakar itu kehilangan tempat tinggal, sementara saat ini, para korban masih menumpang tinggal di rumah sanak saudaranya.

 

 

Kejadian kebakaran tersebut diduga akibat konsleting arus pendek listrik. Kita masih bersyukur tidak ada korban jiwa,” kata Camat Lais, Deni Sukmana yang telah stanby dan membantu mengevakuasi bersama warga lainnya sejak Sabtu pagi.

Deni Sukmana menambahkan, akibat peristiwa kebakaran itu, ditaksir para korban mengalami  kerugian mencapai Rp5 miliar.”[Kami ]Tim OPD Muba bersama Forkopimcam masih bergotong-royong menyelematkan sisa-sisa barang yang masih bisa diselamatkan,” terangnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan Tim OPD Pemkab Muba telah turun ke lokasi kebakaran.  “TIM OPD terkait baik BPBD,  Dinas Kesehatan Dinas Sosial,  Forkopimcam Kecamatan Lais  telah mendirikan posko bersama dan membuka pelayanan kesehatan untuk membantu korban kebakaran,” ungkapnya.

 

Dodi Reza Alex memerintahkan Tim Pemkab Muba sesuai tugas pokok masing masing OPD untuk  menginventarisir, jika memungkinkan lakukan program bedah rumah dan segera tindaklanjuti penanganan pasca kebakaran.  Selain itu ungkapnya, segera tindak lanjut keperluan untuk meringankan beban warga korban kebakaran.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan 11 rumah warga di Desa Teluk Kijing Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terjadi sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Untunglah api berhasil dipadamkan setelah turun Tim Damkar Kecamatan Lais dan Pemkab Muba.[**]

 

Penulis : one

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top