Pendidikan

3 Pesan Moral Gub Sumsel Untuk Sarjana Unbara

Foto : Humas Pemprov Sumsel

GUBERNUR Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menghadiri Dies Natalis ke-20 Universitas Baturaja (Unbara) Kabupaten OKU,  Selasa (10/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur H. Herman Deru menjadi pembicara dalam Seminar Nasional dengan tema “Peran Pemprov. Sumsel dalam membangun SDM yang Maju dan Berkarakter “.

Dia menyebutkan, dalam Visi Pendidikan Mewujudkan SDM yang Bersatu Sumsel Maju untuk Semua yang menuju layanan pendidikan  yang inklusif dan berkualitas yang membentuk generasi yang berkarakter.

Herman Deru menyebutkan  bicara tentang  Unbara, perguruan tinggi ini  tetap komitmen dan konsekuen dengan eksistensinya di tengah manjunya teknologi yang membuat dunia kian dekat.

“Tidak gampang mempertahankan kepercayaan masyarakat di tengah keterbatasan,” tegasnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode menyebutkan  sejauh ini Sumsel merupakan daerah terkaya tertinggi nomor lima Indonesia, namun apakah sudah linierkah sumber daya manusia yang dihadapi.

“Sekarang ini kita masih terjebak pada masalah gengsi. Sarjana tidak mau pulang kampung akibatnya intelektual yang didapat selama kuliah tidak sejalan dengan potensi daerah,” imbuhnya.

Dia berpesan pada mahasiswa baru Unbara angkatan 2019-2020  untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak. Oleh karena itu tidak semua permasalahan dapat diselesaikan dengan teknologi. “Kita dimudahkan teknologi. Tapi kita tidak boleh diperbudak oleh teknologi,” imbuhnya.

Setidaknya ada tiga pesan moral yang disampaikan Herman Deru dihadapan ratusan dieals natalis Unbara kali ini yakni  kaum intelektual Unbara harus Konsisten, konsekuen  dan speed.

“Kita harus konsisten dengan apa yang usahakan, konsekuens atau istiqomah dan kecepatan harus ada agar kita tidak digerus oleh zaman,” tandasnya.

Sementara itu Ir. Lindawati Rektor Unbara dalam sambutannya, menyebutkan  pada rangkaian dies natalis Unbara ke-20 Tahun 2010 sudah banyak yang dilakukan Unbara dalam 20 tahun terakhir yakni telah memiliki lima  Fakultas, 14 program studi.

“Unbara memiliki niat untuk meningktakan tridharma perguruan tinggi. Inovasi kita akan lakukan untuk menjadikan Unbara yang  Maju, Unggul dan Berkarakter,” tegas Lindawati.

Sementara itu Yunizir Jakfar dalam laporanya  mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumsel di Unbara dan ini lanjut dia merupakan kado istimewa bagi Unbara.

Dikesempatan ini, Gubernur bekenan memberikan hadiah istimewa atas hari jadi Unbara ke-20 Tahun berupa 10 uni komputer sebagai wujud motivasi bagi keluarga besar Unbara.  Dies Natalis Unbara diakhiri dengan pemotongan nasi tumpang.

Turut hadir dalam dies natalis kali ini Bupati OKU Drs. H. Kuryana Aziz, Wabup OKU Drs. Johan Anwar, Sekda OKU Achmad Tarmizi dan unsur FKPD OKU lainnya. [**]

 

Penulis : ril

 

Comments

Terpopuler

To Top