Muara Enim Terkini

Gaet Kementerian PAN RB, Muara Enim Ingin Kembangkan KIPP

Ist

SEBAGAI bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat serta dalam rangka pengembangan inovasi pelayanan publik dan keikutsertaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  tahun 2021.

Dua hari kedepan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Sosialisasi KIPP Tahun 2021 dan Pendampingan Penyusunan Proposal Inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan menggandeng Narasumber dari Kementerian PAN RB (secara virtual) untuk melakukan pembinaan terkait inovasi pelayanan publik dan pendampingan penulisan proposal inovasi, yang mana kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Emran Tabrani selaku perwakilan dari Bupati Muara Enim.

Kegiatan yang berlangsung, Rabu (28/4/2021) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim diikuti oleh 150 Orang yang berasal dari Pejabat yang membidangi Pelayanan Publik serta petugas Front Office dari Dinas Instansi, Kecamatan dan Puskesmas di Kabupaten Muara Enim.

Dalam arahannya, Sekda mengatakan, Pelayanan Publik merupakan wajah nyata kehadiran Pemerintah ditengah-tengah masyarakat disamping tolak ukur kinerja pemerintah yang paling mudah dilihat.

“Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang mereka terima apalagi masih sering terdengar banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat terkait pelayanan publik misalnya petugas yang tidak ramah atau pelayanan yang lambat, padahal sejatinya Pemerintah itu ada sebagai pelayan masyarakat. Oleh karena itu, pelayanan publik merupakan hal paling mendasar yang perlu ditingkatkan,” ucap Sekda menegaskan.

Lebih lanjut Sekda menerangkan, salah satu kelemahan unit layanan dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) melalui SiNOVIK adalah pada penulisan proposal inovasi yang belum efektif dan belum menarik serta belum dibarengi dengan pendokumentasian inovasi. Maka dari itu, Sekda meminta kepada seluruh peserta agar dapat serius, tertib serta penuh tanggung jawab baik dalam mengikuti sosialisasi ataupun menerapkan hasil dari sosialisasi tersebut.

Sehingga, inovasi dalam Pelayanan Publik diharapkan dapat memberi kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan serta mampu mengubah persepsi masyarakat terkait pelayanan yang selama ini dianggap berbelit, lama dan sulit, pungkas Sekda.[***]

ril/er

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com