Ekonomi

Persediaan Cukup Banyak, Stok Daging dan Ikan Cukup Selama PON Papua

KABUPATEN Merauke menjadi satu dari empat klaster tempat berlangsungnya perhelatan ajang olahraga multievent Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar pada 2 Oktober- 15 Oktober 2021

Sebagai tuan rumah, Kabupaten Merauke terus menggenjot persiapan mulai dari pembukaan hingga penutupan PON tersebut. Sebagai tuan rumah, pemangku kepentingan di Kabupaten itu pun ikut terlibat mensukseskan penyelenggaraan kegiatan akbar itu, salah satunya adalah memastikan ketersediaan dan terpenuhinya ikan dan daging.

Dilansir dari InfoPublik Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Suhono Suryo menyatakan dinas itu sudah siap memenuhi kebutuhan pangan [ikan dan daging] dalam rangka PON, Bahkan, Dinas Perikanan juga telah menyediakan gudang- gudang penyimpanan ikan dengan total kapasitas sekitar 2.250 ton. Secara umum, kami sudah siap mendukung event tersebut,” ujar Suhono saat jumpa pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Merauke, Selasa (28/9/2021).

Khusus soal potensi perikanan, Sahono menjelaskan kabupaten itu memiliki potensi yang sangat besar, baik di perairan laut dan perairan umum, sehingga kebutuhan ikan selama penyelenggaraan PON dipastikan akan tercukupi.

Dia menjelaskan bahwa yang dinmaksud dengan potensi perairan umum adalah potensi perikanan danau, rawa, sungai atau genangan air lainnya. Potensi perairan umum itu terdapat dan menyebar di 20 disitrik yang ada di Kabupaten Merauke.

“Jadi 10 distrik di pesisir dan 10 di perairan umum. Ini merupakan sumber potensi yang sangat besar di Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Menurut dia, potensi yang tersedia berupa ikan kakap, kepiting, udang, cumi, ikan hias arwana dan lainnya. Untuk di perairan laut, tersedia ikan bandeng, kakap, udang, cumi dan lainnya. Selain itu, Kabupaten Merauke juga telah memiliki tiga kawasan sentra produksi perikanan. Bahkan keberadaan Balai Ikan di Wasur dan fasilitas perikanan lainya pun siap digunakan untuk mendukung PON Papua, khususnya di Klaster Merauke.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Retno P. Handayani. Menurutnya, ketersediaan pangan asal hewan berupa daging, telur dan susu akan tercukupi selama pelaksanaan PON Papua, khususnya di klaster Merauke.

Pihaknya pun terus melakukan pemantaauan dan menyampaikan kepada pelaku usaha untuk mempersiapkan kebutuhan yang berkualitas dan higienis. “Dalam hal ini daging ayam, telur dan daging sapi,” jelas Retno.

Untuk ketersediaan, para pelaku usaha mendatangkan sebagian daging ayam dari Surabaya. “Ketersediaan untuk PON ini sekitar 1.000 ton. Bahan pangan itu siap dan berada di rekanan pemda [perusahaan],” kata Retno.

Untuk menjaga kualitasnya, pihaknya pun telah melakukan audit dan pemeriksaan terkait mutu dan kualitas sehingga keamananan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat selama penyelenggaraan PON ini bisa terjamin dari segi kesehatan.

Sedangkan untuk daging sapi, pihaknya merekomendasikan hanya daging sapi lokal yang disediakan selama PON berlangsung. Stok daging sapi di Merauke pun dirasa cukup. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk berternak.

“Kami tidak merekomendasikan daging yang dari luar. Pertimbangan pertama karena daging dari luar kita tidak tahu penyakitnya seperti apa. Kedua kami ingin peternak di Merauke bisa diberdayakan,” jelas dia.

Begitupun dengan ketersediaan telur, Retno menyatakan bahwa produksi telur di Merauke cukup melimpah. “Untuk PON ini yang akan digunakan adalah telur ayam produksi lokal, karena dari sisi kualitas pasti jauh lebih baik, karena produksinya baru saja dilakukan,” ujar dia.

Pada PON Papua, di klaster Kabupaten Merauke akan dipertandingkan cabang olahraga (cabor) Wushu, Sepak Bola Putri, Anggar, Catur, RoadRace, Gulat, dan Motor Cross.

Cabor yang pertama kali digelar adalah Wushu di GOR FutsalDispora pada 29 September hingga 3 Oktober 2021.

Dilanjutkan cabor Sepak Bola Putri yang akan dipertandingkan di Stadion Katalpal pada 3-11 Oktober 2021.

Kemudian cabor anggar di Kompleks Gereja St. Yoseph pada 4-9 Oktober 2021. Cabor catur pada 4-13 Oktober 2021 di Ballroom Hotel Swissbell.

Sedangkan cabor roadrace digelar di Arena Balap Motor Tanah Miring pada 6 Oktober 2021 dan cabor gulat di GOR Futsal Dispora pada 8-14 Oktober 2021

Sementara cabor Motor Cross akan dihelat di Arena Balap Motor Tanah Miring pada 9 Oktober 2021 mendatang. (***)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com