Ekonomi

Nigeria Produksi Pupuk Batubara Racikan Perusahaan Indonesia

NIGERIA akan segera memproduksi dan memasarkan produk pupuk batubara Saputra Futura hasil racikan perusahaan Indonesia.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Dirjen PEN Kemendag) Kasan menyatakan perusahaan asal Nigeria MAAIC & MAAH dengan PT Saputra Global Harvest (SGH) dari Indonesia telah menandatangani perjanjian kerjasama produksi pupuk batubara tersebut yang disaksikan Kemendag melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos

“Kemendag sangat menyambut baik penandatanganan ini. Kami harap, selanjutnya, para perwakilan terus mendampingi dan menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin,” ujar Dirjen PEN Kemendag Kasan dalam keterangan resmi Kemendag yang diterima InfoPublik pada Rabu (17/3/2021).

Penandatanganan tersebut juga disaksikan Duta Besar RI untuk Nigeria Usra Hendra Harahap serta perwakilan pemerintah negara bagian Jigawa, bagian utara Nigeria.

Dirjen PEN Kemendag menjelaskan dalam kerja sama ini, perusahaan Indonesia mendapatkan royalti pemanfaatan teknologi Saputra dan Nigeria menjadi penyedia bahan baku batu bara.

Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan optimistis pupuk Saputra Futura yang akan diproduksi di Nigeria akan diterima dengan baik karena memiliki sejumlah keunggulan, seperti kualitas nutrisi yang tinggi, namun dengan harga yang lebih kompetitif.

“Potensi kerja sama ini akan semakin terbuka di masa depan. Produksi pupuk Saputra Futura dengan menggunakan bahan baku batu bara Nigeria menghasilkan harga pupuk yang lebih kompetitif di Nigeria,” tutur Hendro.

Dia mengungkapkan kerja sama PT SGH dan MAAIC & MAAH diawali sejak Februari 2021 melalui pengiriman sampel pupuk yang diaplikasikan pada lahan pertanian padi dan sayuran di negara bagian Jigawa.

Jika hasil panen yang diperkirakan pada Mei 2021 berlangsung baik, selanjutnya akan dilakukan pembelian pupuk Saputra senilai US$ 40 ribu (sekitar Rp577.000.000)  oleh MAAIC & MAAH Ltd.InfoPublik

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com