Ekonomi

Membangun Kembali Lebih Ramah Lingkungan: Mengatasi Perubahan Iklim di Asia,Laporan Lintas Ekonomi CAPS Menyajikan Perspektif Unik Asia mengenai Aksi Perubahan Iklim

ist

Sumselterkini.co.id, HONG KONG, 11 Desember 2023 (GLOBE NEWSWIRE) — Center for Asian Philanthropy and Society (CAPS), sebuah organisasi penasihat dan penelitian unik di Asia, independen, dan berorientasi pada tindakan, merilis laporan penelitian terbarunya, Building Back Greener: Addressing Climate Perubahan di Asia. Laporan ini mengambil wawasan dari wawancara dengan 163 individu dan pakar dari perusahaan, yayasan, dan organisasi nirlaba di 10 negara Asia (Tiongkok Daratan, Hong Kong, India, india, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Tiongkok Taipei, dan Thailand) yang bertujuan untuk mengkaji cara modal swasta Asia—dari korporasi, investor, dan filantropis—dibawa untuk menghadapi tantangan lingkungan saat ini. Selain itu, laporan ini menyajikan perspektif Asia mengenai aksi iklim dan memberikan rekomendasi bagi sektor publik dan swasta.

Ketika mempertimbangkan bagaimana penyandang dana di Asia mengatasi tantangan lingkungan hidup, studi ini mengidentifikasi empat karakteristik:

Pengaruh realitas ekonomi Asia dan dominasi perusahaan milik keluarga. Pertama, kawasan Asia sebagian besar terdiri dari negara-negara berkembang, sehingga agenda-agenda yang bersaing harus seimbang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara holistik (misalnya, menyeimbangkan pengentasan kemiskinan dengan perlindungan lingkungan). Kedua, keluarga tetap menjadi pemegang saham dominan dan pengambil keputusan di banyak perusahaan di Asia. Para pemimpin bisnis melihat perusahaan mereka sebagai sarana untuk mengekspresikan nilai-nilai dan warisan kekeluargaan. Hal ini membantu menjelaskan mengapa banyak keluarga kaya menyalurkan sebagian besar filantropi mereka melalui upaya tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam bisnis mereka.

Keselarasan dengan pemerintah. Dunia usaha mengikuti petunjuk pemerintah dengan cermat dan sering kali bermitra dengan lembaga pemerintah lokal, regional, dan nasional untuk mengatasi permasalahan sosial dan lingkungan.

Koneksi ke area dan komunitas lokal. Para pemimpin bisnis dan pegiat filantropis merasa terhubung dengan tempat tersebut karena ikatan keluarga historis dan juga karena lokasi operasi bisnis mereka. Keterhubungan dan sejarah ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh komunitas dan masyarakat serta jaringan yang dapat mempengaruhi perubahan.

Solusi win-win yang terkait dengan kepentingan bisnis. Sebagian besar upaya mitigasi dan adaptasi iklim terjadi di dalam perusahaan. Filantropi individu seringkali dikaitkan dengan operasional bisnis yang dapat menghasilkan solusi komprehensif yang bermanfaat bagi lingkungan, perusahaan, dan masyarakat.
“Asia berada di garis depan dalam menghadapi perubahan iklim, dan komunitas yang paling rentan adalah yang paling terkena dampaknya. Namun, terdapat kesenjangan global antara utara dan selatan dalam memikirkan dan mengatasi tantangan iklim. CAPS dengan senang hati menyediakan platform bagi suara-suara Asia untuk mendiskusikan realitas yang ada di komunitas Asia, serta bagaimana perusahaan dan organisasi lokal beradaptasi dan memitigasi perubahan lingkungan. Pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan dan konteks akan memungkinkan perusahaan dan lembaga filantropi di Asia untuk terlibat secara lebih bermakna dan positif,” jelas Mr. Ronnie Chan, Co-Founder dan Ketua CAPS.

Ruth Shapiro, Co-Founder dan Chief Executive CAPS, mengatakan, “Perusahaan-perusahaan di Asia menyadari pentingnya bertindak sekarang untuk mendukung komunitas mereka dengan lebih baik dan meminimalkan risiko terhadap aktivitas bisnis mereka. Meskipun demikian, para narasumber juga menghadapi tantangan serupa ketika mencoba mengatasi permasalahan lingkungan hidup melalui investasi sosial swasta, seperti menyeimbangkan persaingan kepentingan, kurangnya sumber daya manusia, kekhawatiran terhadap standar dan metrik, serta kebijakan, peraturan, dan target yang tidak jelas dan tidak dapat dipertahankan. Jika kita ingin melibatkan penyandang dana dari Asia dengan cara yang berarti, kita harus mempertimbangkan pendekatan yang disesuaikan dan mencerminkan realitas negara-negara berkembang dalam menyeimbangkan kebutuhan manusia dan planet ini.”

Laporan ini menunjukkan beberapa cara dimana modal swasta dapat dimobilisasi secara lebih efektif terhadap proyek-proyek lingkungan hidup di Asia, termasuk:

Peningkatan kapasitas: Di tingkat perusahaan, hal ini memerlukan perluasan pembelajaran dan pengembangan, penetapan indikator kinerja utama (KPI) keberlanjutan, dan penetapan struktur tata kelola perusahaan yang mendukung. Aspek lainnya termasuk mendukung rantai pasokan dan membantu membangun kapasitas pemerintah.
Penyederhanaan standar lingkungan dan keberlanjutan: Metrik yang disederhanakan dan relevan dengan konteks dapat memberikan tolok ukur yang mempertimbangkan kebutuhan spesifik perekonomian, aspirasi, dan sumber daya yang tersedia.
Kebijakan dan insentif: Pemerintah memainkan peran penting dalam menciptakan insentif keuangan bagi investasi sosial swasta dalam aksi iklim, misalnya melalui insentif pajak dan subsidi investasi ramah lingkungan. Pemerintah juga dapat menciptakan instrumen keuangan yang terkait dengan kebijakan non-fiskal seperti obligasi ramah lingkungan dan berkelanjutan serta pasar karbon.
Komunikasi yang efektif: Meskipun aksi lingkungan telah lama menjadi bagian dari budaya Asia, lingkungan hidup, sosial dan tata kelola (ESG) dan kerangka keberlanjutan lainnya relatif baru di kawasan ini. Komunikasi internal dan eksternal yang baik akan membantu pemangku kepentingan melihat manfaat dari inisiatif seputar metrik ini.
Platform untuk kolaborasi multisektor: Koordinasi dan kolaborasi yang lebih baik dapat mencegah pemborosan sumber daya yang berharga dan melipatgandakan manfaat lingkungan. Pemerintah dapat memainkan peran penting dalam memanfaatkan sumber daya multisektoral, sehingga menghasilkan hasil yang saling menguntungkan bagi pemerintah, perusahaan, dan masyarakat.
Untuk mengakses laporan penelitian selengkapnya, silakan kunjungi: https://caps.org/work/our-research_building-back-greener

Tentang CAPS

Didirikan pada tahun 2013, Center for Asian Philanthropy and Society (CAPS) adalah organisasi penelitian dan penasihat unik di Asia, independen, berorientasi pada tindakan, yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberian filantropi di seluruh Asia. Misi kami adalah untuk meningkatkan sektor investasi sosial di Asia dengan meneliti dan memberikan saran mengenai praktik, model, kebijakan, dan strategi terbaik yang dapat berkontribusi terhadap perubahan sistem yang positif.[***]

 

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com