Ekonomi

Dukung BBI,UMKM Terus Tingkatkan Kualitas

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggembleng usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas. Total, 500 UMKM se-Indonesia dijaring untuk dibekali materi manajemen finansial, branding hingga digital marketing agar memang benar benar bangga akan buatkan Indonesia.

“Ini bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan komitmen kita untuk meningkatkan kapasitas UMKM,” jelas Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti di kantornya, belum lama ini.

Artati mengungkapkan, sejak 24 Maret 2022 lalu sudah dimulai bimbingan teknis on boarding Shopee Batch 1. Tak berhenti di kelas daring, hingga kini, masih terus dilakukan pendampingan secara intens terhadap UMKM yang mengikuti bimbingan teknis tersebut. Kemudian kegiatan Batch 2 dilakukan pada 12 April 2022.

“Dan tidak hanya dengan Shopee, 18 April sudah dilakukan juga bimbingan teknis digital marketing oleh Gojek,” urainya.

Sementara Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Diwiyana memaparkan KKP juga menggandeng aggregator logistik, Shipper pada program BBI kali ini. Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, Shipper sepakat untuk memberikan diskon terkait servis pergudangan serta logistik pengiriman barang.

Kemudian ada juga kerja sama dengan Yokker untuk melatih dan menyiapkan pembuatan website masing-masing UMKM yang terpilih di acara puncak BBI di Kalimantan Selatan pada Juli mendatang.

“Kita bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendongkrak UMKM naik kelas,” ujar Erwin.

Dalam kesempatan ini, Erwin memastikan program BBI menjadi salah satu bentuk keberpihakan KKP terhadap UMKM. Terlebih melalui program ini, UMKM tidak hanya diajari cara membuka toko, tetapi juga diberikan tips agar tokonya laris.KKP (***)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com