Digital Ekonomi

Kampanye Bangga Buatan Indonesia di Platform Bukalapak Berhasil Jaring Ratusan UMKM Baru & Ratusan Ribu Pengunjung

Foto : istimewa

GERAKAN Nasional #BanggaBuatan Indonesia yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020 lalu. Sebagai komit menuntuk memberdayakan UMKM di tengah pandemic ini, berhasil meningkatkan kunjungan ke platform Bukalapak secara signifikan.

Antusias memasyarakat terlihat di kategori fashion pria, fashion wanita, fashion anak dan produk rumah tangga sebagai produk yang paling banyak terjual.

Tidak hanya itu, disisi pelaku UMKM sendiri pun, antusiasme yang tinggi datang dengan tercatatnya lebih dari 40.000 jenis produk yang dipasarkan dan ratusan UMKM baru yang bergabung sejak #BanggaBuatanIndonesia diluncurkan.

KurniaRosyada, VP of Merchant Bukalapak mengatakan “Di masa pandemic kini, terdapat peningkatan cukup signifikan bagi masyarakat untuk berbelanja online dan kami cukup beruntung menjadi  salah satu platform tujuan belanja. Secara keseluruhan kami memperoleh pertumbuhan  yang  signifikan sekitar 15-20%, meskipun kami juga melihat bisnis dari beberapa pedagang kami turun juga. Untuk itu penting bagi kami untuk melihat peluang ini, dan menggandeng  UMKM di Indonesia agar dapat memanfaatkan peluang yang ada.Melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia, dengan semangat gotong – royong, kita ingin terus menjaga UMKM dan terus mengoptimalkan sumberdaya untuk memasarkanproduk – produk buatan anak bangsa Indonesia.” katanya dalam keterangan rilis, Senin [15/6/2020].

Perubahan minat belanja juga terjadi pasca rama dan dan lebaran, jika sebelumnya fashion pria, fashion anak-anak, beserta kategori makanan seperti kurma, parcel Lebaran dan kue lebaran merupakan yang paling banyak dicari, memasuki bulan Juni ini Bukalapak mencatatkan tegori handphone, sepeda, besertahobi dan koleksi menjadi produk – produk yang paling banyak diminati.

Khusus untuk kategori sepeda, pencarian paling populer pada kategori produk ini adalah sepeda gunung merk Polygon dan MTB, lalu pada produk sepeda lipat dengan merk Exotic, Pacific dan United, dan juga produk aksesoris sepeda,seperti kaca mata google, helm sepeda MTB serta tempat minum.

Kesiapan pengguna dalam menghadapi new normal juga terlihat di pencarian produk Bukalapak. Produksepatudenganmerk  Dr. Kevin, Bata, Homyped, serta perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, sepatu sekolah anak dan jam tangan imoo, menjadi serangkaian produk yang paling banyak dicari.

Tentunya hal tersebut juga diikuti dengan kesadaran masyarakat yang tinggiakan kesehatan, karena faceshield dan masker kain masih merupakan produk kesehatan dengan minat yang tinggi.

Melihat adanya kebutuhan  yang tinggi dari masyarakat, Bukalapak akan selalu bekerja sama dengan mitra mitranya untuk menjaga ketersediaan produk dan memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi.[***]

Ril

Comments

Terpopuler

To Top