CSR

HUT ke-20, BUMN Keroyokan Bikin Program Padat Karya Tunai

Selain bersih-bersih sungai, BUMN dan anak usaha BUMN juga melakukan kegiatan pengecoran jalan desa di Kampung, salah satunya Lorong, Batu Ampar.

foto : BUMN

SUMSELTERKINI.ID, Palembang – Rangkaian HUT BUMN ke – 20 di Palembang, BUMN melaksanakan program gotong royong bersih-bersih di sepanjang aliran anak Sungai Musi melalui Program Padat Karya Tunai (PKT).

Acara bersih-bersih tersebut di gelar diberapa titik seperti sepanjang Sungai Rengas, Sungai Taligawe, dan di Kampung Lorong, Batu Ampar, Kecamatan Ilir 1, Kota Palembang.

“Sesuai arahan dari Kementerian BUMN, kami beberapa BUMN yang ada di Palembang bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih anak Sungai dibeberapa titik kecamatan di Palembang sebagai bentuk kepedulian kami (BUMN) terhadap lingkungan,”papar Putut Ariwibowo, Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Hutama Karya (Persero), Minggu (8/4/2018).

Putut memaparkan, selain bersih-bersih sungai, BUMN dan anak usaha BUMN juga melakukan kegiatan pengecoran jalan desa di Kampung, salah satunya Lorong, Batu Ampar. Pelaksanaan dilapangan, ujar dia akan melibatkan 100% tenaga kerja lokal dari masyarakat sekitar.

“Prinsip dasar PKT adalah bagaimana caranya kita dapat menyediakan sarana prasarana infrastruktur lingkungan yang berimbas langsung terhadap perekonomian daerah tersebut,” kata Putut.

“Apalagi dengan melibatkan masyarakat sekitar dalam praktek riil-nya di lapangan sangat krusial. Pada dasarnya PKT merupakan program dari masyarakat dan untuk masyarakat,”tambahnya.

Tujuannya jelas dia, PKT harus dapat meningkatkan pendapatan, konsumsi dan daya beli masyarakat sekitar program PKT yang pada gilirannya akan menambah perputaran uang di sana hingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dia menambahkan pemilihan lokasi PKT, titik-titik penyelenggaran PKT di Palembang sudah terlebih dahulu memperhitungkan rasio penyerapan tenaga kerja.

“Minimal 300 masyarakat sekitar harus dipastikan terserap. Alhamdulillah, di Sungai Rengas dan Taligawe serta di Kampung Lorong Batu Ampar, jika ditotal, sudah terdapat kurang lebih 1000 warga yang siap mengambil bagian,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri, PT Hutama Karya (Persero) sebagai koordinator bersama Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC), PTPN III (Persero), PT Bahana PUI (Persero), serta anak usaha BUMN yakni PT Pupuk Sriwijaya.

Selain itu, PTPN VII, PT Bukit Asam Tbk mendapat amanat untuk melaksanakan program PKT di Palembang.[one]

Comments

Terpopuler

To Top