Advertorial

Tumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Rumah Pintar Banyuasin Adakan Lomba Baca, Mewarnai & Bercerita

Foto : desi

DINAS Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Banyuasin menggelar beraneka ragam kegiatan, guna mensosialisasikan, memancing dan menarik minat pembaca sejak dini. Beberapa kegiatan yang dilombakan tersebut, yakni lomba baca, mewarnai dan bercerita untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)/MI, TK dan PAUD.

Acara tersebut digelar di Halaman Rumah Pintar,  Kelurahan Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin yang dihadiri dan dibuka langsung Bunda PAUD, dr. Sri Fitriyanti Askolani, didampingi Wakil Ketua TP-PKK, Nenny Slamet dan Ketua Darmawanita Hj. Hamida Senen Har serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Kabupaten Banyuasin  H. Adam Ibrahim, SE,.M.Si.

Dalam kata sambutannya, Bunda PAUD yang juga, Ketua TP-PKK dr. Sri Fitriyanti Askolani menjelaskan, Lomba Baca, Mewarnai dan Bercerita Tingkat TK/PAUD dan SD/MI di Rumah Pintar Banyuasin ini, diselenggarakan  dalam rangka menumbuhkan, serta mengembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal.

Selain itu, ungkapnya guna membangun karakter, kecerdasan kreatifitas dan inovasi generasi muda Indonesia. “Kegiatan ini  wajib kita galakkan, minat baca harus kita tanamkan dari sekarang, guna mencerdaskan generasi penerus bangsa,” pesanya, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya peran orang tua dan guru di sekolah sangat diperlukan, karena tanpa dukungan dari wali dan guru anak-anak akan lalai untuk membaca.”Ayo kita tanamkan minat baca sedari dini, dengan mengucap bismillah lomba saya buka” tegasnya.

 Generasi yang cerdas

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah  H. Adam Ibrahim, SE,.M.Si, menerangkan Lomba membaca kali ini diikuti 30 peserta, yang masing-masing dibagi untuk lomba mewarnai akan diikuti Tingkat TK/PAUD, sedangkan untuk Lomba bercerita akan diikuti Tingkat SD/MI.

“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk membudayakan kegemaran membaca pada anak-anak dan siswa-siswi sekolah, sehingga diharapkan membaca menjadi suatu kegemaran,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan diadakan lomba budaya baca ini,diharapkan juga dapat menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif dan berilmu. Sasaran yang diharapkan meningkatkan kreatifitas dari usia dini, agar menjadi penerus bangsa yang cerdas.

“Bagi para pemenang akan mendapatkan Tropi dan uang binaan, serta yang mendapat juara satu akan mengikuti lomba Event Nasional” tegasnya.[***]

ADV/Desi

Comments

Terpopuler

To Top