LONDON, Inggris – Media OutReach – 27 Februari 2023 – Konsumsi plastik berada di jalur yang hampir dua kali lipat di G20 pada tahun 2050 kecuali jika Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui serangkaian kebijakan global baru, termasuk larangan di seluruh dunia pada beberapa produk plastik sekali pakai, diperpanjang skema tanggung jawab produsen dan pajak atas produksi plastik murni, menurut sebuah laporan baru.
Laporan tersebut, Peak Plastics: Bending the Consumption Curve, adalah studi pertama yang secara forensik memodelkan dampak potensial dari kebijakan yang dipertimbangkan oleh negosiator perjanjian plastik PBB. Konsumsi plastik di negara-negara G20 akan mencapai 451 juta ton setiap tahun pada tahun 2050, hampir dua kali lipat dari tingkat tahun 2019 sebesar 261 juta ton, dalam skenario bisnis seperti biasa, studi tersebut menemukan.
Penelitian ini berasal dari Back to Blue, sebuah inisiatif dari Economist Impact dan The Nippon Foundation, dan didukung oleh otoritas terkemuka di bidang produksi, konsumsi, dan polusi plastik termasuk OECD, Bank Dunia, SYSTEMIQ, CSIR, dan WWF. Ini juga mengungkapkan bahwa pada lintasan kita saat ini, negara-negara tidak akan mencapai puncak konsumsi plastik abad ini: titik kritis setelah konsumsi plastik mulai menurun.
Pada bulan Maret tahun lalu, 175 negara sepakat untuk mengembangkan instrumen global yang mengikat secara hukum untuk mengakhiri polusi plastik: Perjanjian PBB tentang Polusi Plastik. Perjanjian bersejarah ini sedang dinegosiasikan melalui serangkaian pertemuan di seluruh dunia dan diharapkan akan berlaku pada akhir tahun 2024. Hanya kebijakan pada akhir yang paling ambisius dari yang sedang dipertimbangkan yang akan memiliki dampak yang berarti pada krisis sampah plastik yang melonjak. penelitian Back to Blue ditemukan.
Para peneliti untuk laporan tersebut mengeksplorasi tiga pendekatan kebijakan yang telah mencapai tahap lanjut dari negosiasi perjanjian PBB, yang dianggap oleh para ahli sebagai pendekatan dengan potensi terbesar untuk mencapai puncak konsumsi plastik.
Kebijakan ini, yang mencakup seluruh siklus hidup plastik, dari produksi hingga pembuangan, adalah larangan produk plastik sekali pakai yang bermasalah; skema Perpanjangan Tanggung Jawab Produsen “polluter pays” untuk biaya penuh di akhir masa pakainya; dan pajak atas produksi plastik murni – semuanya gagal mencegah peningkatan konsumsi plastik tanpa henti.
Hanya kombinasi dari kebijakan ini dan tindakan yang lebih berani, termasuk kemungkinan pembatasan produksi plastik murni, yang akan menghasilkan plastik puncak dan memperlambat konsumsi di masa depan. Jika para negosiator gagal menyepakati intervensi kebijakan apa pun, penelitian memproyeksikan bahwa konsumsi plastik di negara-negara yang diteliti akan meningkat hampir dua kali lipat pada pertengahan abad ini.
Menurut laporan tersebut, larangan global terhadap barang-barang plastik sekali pakai (SUP) yang tidak perlu adalah kebijakan paling efektif dari yang dipelajari. Namun, meski dengan larangan SUP, konsumsi plastik masih akan 1,48 kali lebih tinggi pada tahun 2050 dibandingkan dengan baseline tahun 2019.
Skema Extended Producer Responsibility (EPR) akan memiliki efek minimal pada konsumsi produk plastik sekali pakai tetapi masih merupakan bagian penting dari solusi. Jika skema EPR menjadi wajib di negara-negara yang menjadi fokus, konsumsi plastik akan menjadi 1,66 kali lebih tinggi pada tahun 2050 dibandingkan dengan tahun 2019. Ini sedikit lebih rendah dari baseline 1,73 kali jika tidak ada kebijakan yang diterapkan.
Pemodelan menunjukkan dampak pajak pada resin plastik murni akan terbatas dan konsumsi masih akan meningkat sebesar 1,57 kali lipat pada tahun 2050. Pajak harus agresif agar berdampak, menurut penelitian. Dengan tidak adanya dampak nyata pada konsumsi plastik dengan menaikkan pajak, penelitian menyarankan agar negosiator mempertimbangkan untuk membatasi produksi plastik.
Kombinasi dari ketiga skenario tersebut masih membuat konsumsi plastik meningkat meskipun pada kecepatan yang sedikit lebih lambat – 1,25 kali lebih tinggi pada tahun 2050 dibandingkan dengan tahun 2019. Temuan tersebut menyoroti kemungkinan ‘cukup besar’ bahwa perjanjian PBB akan terlalu lemah untuk membengkokkan kurva konsumsi ke bawah.
Untuk menekan konsumsi plastik pada skala yang dibutuhkan, laporan tersebut menyajikan perlunya langkah-langkah dan persyaratan yang sangat ketat sehingga kemungkinan akan menghadapi tentangan dari produsen, pengecer, badan industri, kelompok konsumen, dan pelaku lainnya.
KUTIPAN 1: “Negosiator perjanjian plastik PBB harus mempertahankan ambisi setinggi mungkin saat memasuki putaran negosiasi berikutnya, dan industri perlu memainkan peran konstruktif, bukan obstruktif, dalam mencapai kesepakatan.
Sejauh ini, komitmen industri, pengecer, dan merek untuk mengurangi limbah plastik masih kurang detail dan gagal terwujud. Kita harus memperlambat lonjakan produksi plastik sekali pakai. Hanya serangkaian kebijakan yang mengikat secara hukum yang berani akan menghasilkan konsumsi plastik yang memuncak pada pertengahan abad.” – Charles Goddard, direktur editorial, Economist Impact
KUTIPAN 2: “Penelitian Back to Blue adalah panggilan tepat waktu untuk solusi mendesak dan ambisius untuk krisis plastik. Polusi plastik melampaui semua batas, berdampak pada kesehatan laut dan lingkungan alam. Dibutuhkan koordinasi global untuk mengatasi ruang lingkup dan skala masalah ini.” – Yohei Sasakawa, ketua Nippon Foundation.
KUTIPAN 3: “Urgensi untuk mencapai puncak sampah plastik—dan juga puncak produksi plastik sekali pakai—sangat penting untuk melestarikan planet kita dan menjaga kesejahteraan kita.” – Perinaz Bhada Tata, Bank Dunia
KUTIPAN 4: “Pengelolaan plastik yang tepat adalah tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini. Dengan semakin banyak bukti bahwa dunia menghasilkan lebih banyak plastik sekali pakai daripada sebelumnya, laporan Back to Blue memainkan peran penting dalam mengidentifikasi negara-negara yang kemungkinan besar akan menjadi negara besar. sumber limbah tersebut. Laporan ini juga merupakan panduan penting untuk memahami pembuatan kebijakan yang efektif untuk mengatasi teka-teki plastik.” – Aafrin Kidwai, Limbah Padat India
KUTIPAN 5: “Laporan ini menegaskan bahwa upaya global yang mendesak diperlukan untuk menghentikan banjir polusi plastik pada sumbernya. Seluruh siklus hidup plastik, mulai dari ekstraksi bahan baku dan produksi prekursor plastik hingga pembuangan, harus ditangani di masa depan, perjanjian PBB yang mengikat secara hukum untuk mengakhiri polusi plastik. Pengungkit kebijakan yang diperiksa dalam laporan ini tidak akan cukup: diperlukan tindakan yang lebih berani, termasuk mekanisme pajak yang terkoordinasi secara global ditambah dengan pembatasan ambisius pada produksi plastik murni.” David Azoulay, Pusat Hukum Lingkungan Internasional (CIEL)
Anda dapat menemukan laporan lengkap dan cerita data di sini
Catatan untuk Editor
‘Plastik puncak’ adalah titik kritis setelah konsumsi plastik mulai menurun. Pemodelan Back to Blue menggunakan metodologi peramalan kuantitatif untuk memprediksi pada titik mana setiap negara akan mencapai puncak konsumsi plastiknya.
Back to Blue memilih tiga skenario kebijakan dunia nyata yang telah diterapkan di berbagai tingkatan secara global: larangan produk plastik sekali pakai (SUP); Extended Producer Responsibility (EPR) wajib bagi konsumen industri; dan pajak produsen atas resin murni. Ketiga kebijakan ini dikutip dalam dokumentasi lanjutan untuk negosiator terkait dengan Perjanjian PBB tentang Polusi Plastik.
Tujuh kategori polimer yang digunakan dalam model menyumbang 80% dari semua produksi plastik. Tujuannya adalah untuk menguji apakah konsumsi plastik akan mencapai puncaknya, dengan asumsi bahwa konsumen, produsen, dan pembuat kebijakan memahami biaya produksi dan penggunaan produk plastik yang sebenarnya. Kami berasumsi bahwa beberapa produk, tidak hanya produk plastik sekali pakai, beralih ke penggunaan bahan pengganti.
Tentang Kembali ke Biru
“ Back to Blue” adalah inisiatif yang diluncurkan oleh Economist Impact dan The Nippon Foundation pada tahun 2021 untuk memfokuskan upaya pada pendekatan dan solusi berbasis bukti yang mengatasi tantangan laut yang meningkat, seperti yang ditimbulkan oleh ancaman besar seperti perubahan iklim, polusi, dan perusakan habitat .
Sementara pemerintah dan pembuat kebijakan telah memulai upaya untuk memulihkan keanekaragaman hayati dan memulihkan kesehatan laut, masih ada kesenjangan pengetahuan yang nyata tentang polusi plastik dan kimia.
Menyadari kebutuhan untuk merangsang dialog baru dan solusi untuk masalah laut yang mendesak, prakarsa multi-tahun ini menyatukan kemampuan unik kedua organisasi dalam penelitian laut dan pembangunan program untuk membangun platform yang kuat yang akan mempercepat momentum dalam meningkatkan kesehatan laut. Pada tahun 2021, Indeks Manajemen Plastik yang diterbitkan di bawah Back to Blue membahas masalah pencemaran plastik laut. Pada tahun 2022 fokusnya adalah pada polusi yang kurang terlihat dari kontaminan kimia yang merusak kehidupan laut dan ekosistem dan dalam jangka panjang, kesehatan manusia.”
Tentang Dampak Ekonom
Economist Impact menggabungkan kekuatan think-tank dengan kreativitas merek media untuk melibatkan audiens yang berpengaruh secara global. Kami percaya bahwa wawasan berbasis bukti dapat membuka perdebatan, memperluas perspektif, dan mempercepat kemajuan. Layanan yang ditawarkan oleh Economist Impact sebelumnya ada dalam The Economist Group sebagai entitas terpisah, termasuk Kepemimpinan Pemikiran EIU, Kebijakan Publik EIU, Kebijakan Kesehatan EIU, Acara Ekonom, E BrandConnect, dan SignalNoise.
Kami membangun rekam jejak analisis selama 75 tahun di 205 negara. Seiring dengan desain kerangka kerja, pembandingan, analisis dampak ekonomi dan sosial, peramalan dan pemodelan skenario, kami menyediakan penceritaan kreatif, keahlian acara, solusi pemikiran desain, dan produk media yang memimpin pasar, membuat Economist Impact diposisikan secara unik untuk memberikan hasil yang terukur kepada klien kami.
Tentang Yayasan Nippon
Didirikan pada tahun 1962, The Nippon Foundation adalah yayasan filantropis terbesar di Jepang, memberikan dukungan untuk kegiatan pelayanan publik di berbagai bidang lintas batas negara. Dalam urusan kelautan, Yayasan bertujuan untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang akan memetakan arah masa depan laut dan mewariskan kekayaan laut kepada generasi mendatang. Bidang kegiatan utama lainnya termasuk dukungan untuk anak-anak, penyandang disabilitas, penanggulangan bencana, dan kerja sama internasional, dengan tujuan akhir mencapai masyarakat di mana semua orang saling mendukung.[***]