IPC Palembang melakukanSurvei Kepuasan, Ketidakpuasan & Loyalitas Pelanggan, guna melaksanakan amanat dan arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara RI. Survei ini bertujuan, agar Anak Perusahaan dan Cabang PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) mencapai target Corporate, yakni 4.67 dari skala 5.
Terhadap Pelanggan yang akan dilakukan Survei tersebut dipilih berdasarkan Random Sampling dari Konsultan Independen dan Profesional yang ditunjuk Kantor Pusat PT Pelindo, yaitu MUC Consulting Group, sehingga diharapkan hasil atau nilai atas suvei pelanggan tersebut adalah hasil yang benar – benar real dan dirasakan langsung atas pelayanan dilakukan dilingkungan Pelindo II (Persero).
IPC Palembang mendapatkan jadwal Survei Kepuasan, Ketidakpuasan & Loyalitas Pelanggan Tahun 2020 pada 21 – 22 Oktober 2020, dimana Rabu, 21 Oktober lalu dilakukan survei Nakhoda terlebih dahulu pada kapal yang sandar di dermaga Boombaru atau yang akan sandar (berlabuh) dan untuk hari Kamis, tanggal 22 Oktober dilakukan survei terhadap pelanggan Shipping Agent/Agency, Pelanggan Non Petikemas dan Pelanggan Petikemas.
IPC Palembang dalam Pandemic Covid – 19 melaksanakan survei terhadap pelanggan Shipping Agent/Agency, Pelanggan Non Petikemas dan Pelanggan Petikemas di Hotel Novotel – Palembang secara offline dengan tetap memenuhi protocol kesehatan khususnya dalam pelaksanaan kami menyediakan alat kesehatan (Masker, Sarung Tangan dan Face Shield) dan pelaksanaanya dibagi menjadi 3 (tiga) ruangan.
Pada survei kali ini berbeda dengan survei tahun sebelumnya, dikarenakan masing – masing GM Anak Perusahan (PT PTP dan IPC TPK) menyampaikan sambutan dan bahan paparan di ruangan Pelanggan Non Petikemas dan Pelanggan Petikemas, agar pelanggan merasakan kedekatan langsung dan GM IPC Palembang menyampaikan sambutan dan bahan paparannya di ruangan Shipping Agent/Agency.
Dalam sambutannya GM dan GM Anak Perusahaan PTP dan TPK Palembang, Silo Santoso, Andi Purwantoro dan Adi Saputra Darmansyah menyampaikan “IPC Palembang tetap berterima kasih kepada para pelanggan walaupun pada saat Pandemic Covid – 19 saat ini Traffic Kapal Naik 30%.
Arus Barang Non Petikemas Turun 15% dan Arus Barang Petikemas Turun 25% dari Tahun Lalu, 3 (tiga) tarif kepelabuhanan disepakati dan diberlakukan Tahun ini dan terlebih lagi pelanggan tetap memberikan suatu saran – saran yang terbaik agar IPC “Palembang semakin maju, maka kiranya survei tahun 2020 ini memang wajib diadakan karena layaknya manusia tidak ada yang sempurna, Perusahaan kamipun seperti itu, tetap butuh bantuan dan masukkan dari para pelanggan,”
Tidak luput juga Konsultan MUC Consulting Group yang hadir di Palembang, M.A Satyawan menyampaikan “Survei Kepuasan, Ketidakpuasan & Loyalitas Pelanggan Tahun 2020 pada saat Pandemic Covid – 19 akan menjadi survei yang sangat diperlukan karena akan menjadi suatu pedoman khususnya kepada IPC Palembang yang menurut saya sangat unik dan hebat sehingga banyaknya hal – hal yang pencapaian kinerja berbeda dari Cabang Pelabuhan lain, sehingga untuk menjadi lebih baik lagi atas saran dan masukkan dari para Pelanggan harapan saya pada saat selesai Pandemic Covid – 19, IPC Palembang sudah memenuhi expektasi dari Pelanggan”
Akhir kata, Silo Santoso dan M.A Satyawan juga menyampaikan kalimat penutup acara “kami berharap penuh dan berdoa agar hasil dari Survei Kepuasan, Ketidakpuasan & Loyalitas Pelanggan Tahun 2020 di IPC Palembang mencapai target yang diharapkan Corporate atau bahkan lebih”[***]
Ril