Seni & Budaya

Di Ajang Wanita Inspiratif, 3 Dewan Juri Puji Gambo Muba, Thia : Kami Terus Berinovasi

Foto : Humas Pemkab Muba

SUMSELTERKINI.CO.ID, PALEMBANG – Produk kain Gambo Muba mendapatkan pujian dari tiga dewan juri di Ajang Wanita Inspiratif di Heavenly Land (Eks Gedung Hero), Komplek Ilir Barat Permai, Palembang, Sabtu (15/12/2018).

“Kami sangat kagum dengan produk  Gambo Muba hasil produksi dari  TP PKK Muba.Ini  sangat menginspirasi dan mengangkat kearifan lokal yang ada di Muba,”ungkap Ketua Tim Panitia Wanita Inspiratif, Dr Sri Rahayu yang juga Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pihaknya sangat mengapresiasi inisiator Hj Thia Yufada Dodi Reza, hal ini tentunya sangat positif guna mengenalkan seni dan kearifan lokal Muba agar tidak tergerus dengan perkembangan zaman.

Selain itu Sri mengaku, salut dengan upaya yang dilakukan TP PKK Muba mengingat era saat ini sudah sangat jarang petani yang menanam gambir. “Gambo Muba ini kan berbahan dasar dari getah gambir, sangat jelas hulu dan hilirnya produk Gambo Muba ini,”tambahnya.

Senada dikatakan Juri Wanita Inspiratif, Dr Karin Agustina, Rektor Universitas IBA ini mengaku apa yang dilakukan TP PKK Muba tersebut sangatlah menginspirasi dan mempunyai segmen yang jelas.

“Dengan adanya Gambo Muba ini saya berkeyakinan perekonomian masyarakat akan meningkat dengan dilibatkannya mereka untuk membuat Gambo Muba, serta lahan perkebunan getah gambir di Muba tentu akan bertambah, mengingat gambir ini sangat bisa tumbuh subur di wilayah Muba saja,” jelasnya.

Rianthony Nata Kusuma, Ketua Forum CSR Sumsel yang juga ikut menjadi Juri di ajang tersebut  berharap TP PKK Muba akan konsisten  memasarkan Gambo Muba ini.

“Terlebih di Muba juga terdapat beberapa perusahaan yang dapat turut aktif men-support Gambo Muba.

Dia menilai Gambo Muba sangat bagus dan menarik, ia pun berkeyakinan perusahaan-perusahaan pasti akan aktif mendukung produk Gambo Muba tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza memaparkan enam bulan lalu hanya ada enam orang pelaku UMKM Gambo Muba dan saat ini bertambah hingga mencapai 33 orang.

“Bahkan saat ini juga Gambo Muba ini waiting list, sudah banyak yang pesan. Beberapa warga Indonesia yang berada di luar negeri juga turut getol memasarkan Gambo Muba ini,” kata Thia Yufada.

TP PKK Muba terangnya akan terus berinovasi setelah sukses dengan Jaket Bomber, Payung, dan Batik Gambo ke depan akan terus berinovasi dengan produk menarik lainnya.

“Harapan TP PKK Gambo Muba ini dapat mengangkat pelaku UMKM di Muba dan menjadi program yang turut serta menyukseskan Muba Maju Berjaya di Tahun 2022,” pungkasnya.

Sebelumnya Gampo Muba terus dipromosikan di beberapa ajang Nasional, seperti Palembang Fashion Week, menjadi merchandise buruan Atlet Internasional di ajang Asian Games.[**]

 

Penulis : One

 

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com