Laporan baru ini menguraikan lima tantangan keamanan umum yang berdampak pada pengguna ponsel dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh perusahaan dan MNO untuk memeranginya
Sumselterkini.co.id, KUALA LUMPUR, MALAYSIA – Media OutReach – Platform komunikasi cloud global Infobip telah mengidentifikasi lima penipuan umum yang berdampak pada pengguna seluler dalam ekosistem perpesanan.
Infobip menjelaskan tantangan keamanan yang dihadapi perusahaan dan operator jaringan seluler (MNO) dalam ekosistem pengiriman pesan application-to-person (A2P). Perusahaan juga menjelaskan perannya sebagai penjaga bersama ekosistem A2P dengan MNO, membantu melindungi merek dan pengguna seluler dengan firewallnya.
Dengan semakin banyaknya interaksi merek-ke-konsumen yang berpindah ke saluran digital, memastikan keamanan dan privasi komunikasi ini sangat penting untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Namun, meskipun pasar A2P akan tumbuh hingga $29 miliar pada tahun 2024, penipuan dan pendapatan yang hilang akibat penipuan juga meningkat. Jadi, sekarang, lebih dari sebelumnya, semua organisasi di ekosistem A2P harus melindungi pengguna dan konsumen seluler dengan menyediakan komunikasi yang aman.
Infobip, yang mengoperasikan firewall omnichannel canggih, telah mengidentifikasi lima tantangan keamanan penting yang perlu diatasi oleh MNO dan perusahaan:
Lalu lintas yang meningkat secara artifisial: Inflasi buatan dari penipuan lalu lintas menggunakan bot untuk menghasilkan permintaan PIN satu kali untuk menghasilkan biaya yang tidak semestinya dan menguntungkan penipu secara finansial
Flubot: menyebar seperti flu, flubot dimulai dengan tautan palsu yang mengarahkan pengguna ke situs jahat untuk mengunduh aplikasi atau pembaruan keamanan, yang kemudian menginfeksi ponsel dengan malware
Smishing: SMS phishing, atau smishing, adalah cara penipu menipu konsumen agar mengungkapkan data sensitif yang disalahgunakan. Menurut RoboKiller, hal ini merugikan konsumen sebesar $10,1 miliar
Rute abu-abu: rute yang melewati sistem pengisian daya MNO untuk mengirimkan pesan ke pengguna akhir, sehingga membebani pendapatan MNO dan membuat pengguna seluler tidak terlindungi dari risiko keamanan dan privasi
Spam: pesan yang tidak diminta telah mengganggu pengguna ponsel dan konsumen selama beberapa waktu
Cédric Gonin, VP Global Business Support di Orange International Carriers, mengatakan: “Sebagai pedagang grosir konektivitas terkemuka yang melayani kebutuhan operator dan penyedia konten secara global, Orange International Carriers telah mengamankan lalu lintas suara dan pesan internasional pelanggan dan mitranya selama beberapa dekade. . Dan kita telah menyaksikan peningkatan yang stabil dalam jumlah serangan selama bertahun-tahun, seiring dengan semakin cerdasnya para penipu dan bermunculannya jenis-jenis penipuan baru, yang menyebabkan kerugian finansial dan reputasi bagi perusahaan telekomunikasi dan bisnis, namun juga tekanan emosional bagi pengguna akhir. Oleh karena itu, Infobip/Anam memanfaatkan keahlian bersama mereka dalam keamanan telekomunikasi untuk mengembangkan solusi perlindungan SMS A2P yang kuat, yang mengidentifikasi risiko saat ini dan yang akan muncul, dan secara proaktif melindungi perusahaan telekomunikasi, bisnis, dan pengguna akhir di sebagian besar saluran.”
Untuk membantu melindungi konsumen, Infobip merekomendasikan MNO untuk bekerja sama dengan penyedia layanan pesan mapan yang memiliki hubungan langsung dengan merek-merek besar dan juga memperkenalkan solusi firewall yang unggul secara teknis ke jaringan mereka untuk melindungi ekosistem A2P. Infobip juga menyerukan perubahan peraturan untuk menghapus pembatasan pada MNO dengan menggunakan modul tertentu seperti analisis konten untuk melindungi pengguna akhir dari berbagai skenario penipuan, khususnya di Eropa. Analisis konten sangat penting untuk meningkatkan standar keamanan sekaligus menjaga norma privasi yang tinggi. Untuk Perusahaan, Infobip merekomendasikan penggunaan penyedia Pesan yang memiliki koneksi langsung dengan MNO, melindungi keamanan dan privasi konsumen melalui platform komunikasi yang mapan dengan infrastruktur global.
Matija Ražem, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Infobip, mengatakan: “Sebagai pemain terbesar di pasar firewall SMS, kami mengambil tanggung jawab untuk melindungi MNO, perusahaan, dan konsumen dengan serius. Namun kami semua adalah penjaga ekosistem pesan A2P . Sementara para penipu menjadi semakin canggih, kita dapat mengurangi penipuan AP2 dengan upaya gabungan dari semua pihak yang terlibat. Sistem ini hanya akan sekuat titik terlemahnya, sehingga MNO dan perusahaan harus berinvestasi dalam keamanan mereka dan mengadopsi teknologi terbaru untuk memerangi penipu dan melindungi pelanggan dan bisnis mereka. Itu sebabnya kami telah mengembangkan fitur seperti anonimisasi data, di mana firewall kami memisahkan data sensitif pelanggan dari konten, sehingga privasi pelanggan tidak dapat dikompromikan.”
Infobip telah terpilih sebagai SMS Firewall nomor satu selama empat tahun berturut-turut, berdasarkan suara dari MNO. Firewall Anam Protect miliknya membantu melindungi sekitar 120 jaringan MNO dan melindungi 1,2 miliar pengguna seluler yang digabungkan dengan MNO sebagai penjaga bersama ekosistem perpesanan. Infobip memproses sekitar 63 miliar transaksi melalui solusi firewallnya dan memblokir lebih dari satu miliar pesan penipuan setiap bulannya. Infobip memiliki lebih dari 800 koneksi langsung ke operator jaringan seluler, memungkinkan keamanan yang lebih tinggi dan konektivitas berkualitas bagi pelanggannya. Selain SMS Firewall, Infobip telah meluncurkan Sinyal secara resmi sebagai bagian dari portofolio keamanan telekomunikasinya, yang menonjol dengan menggunakan teknologi canggih seperti pembelajaran mesin untuk mendeteksi dan memblokir lalu lintas penipuan secara tepat.
Tentang Infobip
Infobip adalah platform komunikasi cloud global yang memungkinkan bisnis membangun pengalaman terhubung di semua tahap perjalanan pelanggan. Diakses melalui satu platform, solusi keterlibatan omnichannel, identitas, otentikasi pengguna, dan pusat kontak Infobip membantu bisnis dan mitra mengatasi kompleksitas komunikasi konsumen untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan loyalitas. Dengan pengalaman industri selama lebih dari satu dekade, Infobip telah berkembang hingga 75+ kantor di seluruh dunia. Ia menawarkan teknologi bawaan dengan kapasitas untuk menjangkau lebih dari tujuh miliar perangkat seluler dan ‘benda’ di 6 benua yang terhubung ke lebih dari 9.700+ koneksi dimana 800+ di antaranya merupakan koneksi operator langsung. Infobip didirikan pada tahun 2006 dan dipimpin oleh salah satu pendirinya, CEO Silvio Kutić, Roberto Kutić dan Izabel Jelenić.[***]