Sumselterkini.co.id, SINGAPURA – ROOKIE Racing Co., Ltd. (ROOKIE Racing) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) mengumumkan persaingan mereka di IDEMITSU 1500 SUPER ENDURANCE 2022 (Thailand 25H Endurance Race) di Sirkuit Internasional Chang di Thailand dari 17 hingga 18 Desember 2022. Mereka akan berlomba dengan konsep ORC ROOKIE GR Corolla H2, kendaraan bermesin hidrogen *1., dan Konsep ORC ROOKIE GR86 CNF, kendaraan berbahan bakar netral karbon*2. Partisipasi tidak akan berlangsung selama 25 jam penuh tetapi akan berlangsung selama beberapa jam pertama dan terakhir perlombaan. Ini akan menjadi pertama kalinya kedua kendaraan tersebut bersaing dalam balapan di luar Jepang.
Selain itu, salah satu kendaraan Toyota Gazoo Racing Team Thailand juga akan menggunakan bahan bakar karbon netral. Dimulai dengan partisipasi di Thailand 25H Endurance Race, ROOKIE Racing dan Toyota, akan terus berupaya meningkatkan dan mempercepat pengembangan teknologi netral karbon di Asia melalui olahraga motor.
<Tantangan Balap ROOKIE dalam seri Super Taikyu di Jepang>
ROOKIE Racing dan Toyota berpartisipasi dalam seri Super Taikyu*3 di Jepang pada pertengahan musim 2021, dengan Corolla bertenaga hidrogen, dan mempercepat upaya untuk “memproduksi”, “mengangkut”, dan “menggunakan” hidrogen, bersama dengan pemikiran yang sama mitra di dalam dan di luar industri dengan tujuan membantu mencapai masyarakat netral karbon sejati. Mulai musim 2022, selain mesin hidrogen Corolla, ROOKIE Racing dan Toyota juga menggunakan bahan bakar sintetis GR86 dan terus menghadapi tantangan untuk memperluas opsi energi bersih, termasuk melalui penggunaan mesin pembakaran internal.
Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, juga merupakan pendiri dan pemilik tim dari ROOKIE Racing dan berpartisipasi dengan nama pembalap “Morizo”.
<Perluasan kegiatan Olahraga Motor ke Asia>
Baru-baru ini, selama putaran kesembilan Kejuaraan Reli Dunia (WRC) di Ypres pada bulan Agustus dan putaran ke-13 WRC di Jepang pada bulan November, ROOKIE Racing dan Toyota menjalankan demonstrasi kendaraan bermesin hidrogen GR Yaris H2 yang sedang dalam pengembangan pengujian. Ini bertujuan untuk menunjukkan potensi hidrogen sebagai opsi yang layak untuk mencapai netralitas karbon dalam kondisi reli yang melelahkan. Morizo juga mengemudikan kendaraan tersebut untuk memberikan kredensial keselamatan dan kinerjanya.
Sekarang demonstrasi berpindah ke Asia. Tempat Sirkuit Internasional Chang adalah sirkuit internasional utama di Thailand, dan menjadi tuan rumah MotoGP Thailand, seri balap motor paling bergengsi di dunia. Sejak sirkuit dibuka pada tahun 2014, Toyota Motor Thailand Co., Ltd. telah menjadi sponsor utama, dan telah mempromosikan perkembangan olahraga motor di Thailand dengan mengadakan balapan sekali pakai di sana. Rookie Racing memenangkan “IDEMITSU 600 SUPER ENDURANCE 2019” selama 10 jam, entri pertamanya dalam balapan yang diadakan di sirkuit tersebut. Tahun ini, entri pertama ROOKIE Racing dan Toyota dalam tiga tahun, mobil-mobil tersebut akan diuji di lingkungan yang berbeda dari Jepang, untuk mempercepat upaya memperluas opsi teknologi untuk menciptakan masyarakat netral karbon di seluruh dunia.
<Detail Tim>
Nama tim
Kelas
Kendaraan
Tidak.
ORC ROKIE Racing
divisi3
PEMULA ORC
Konsep CNF GR86
328
divisi2
PEMULA ORC
Konsep GR Corolla H2
232
<Sikap Toyota menuju Netralitas Karbon di Asia Melalui Berbagai Jalur>
Toyota berkomitmen untuk netralitas karbon global pada tahun 2050 dengan cara yang praktis dan berkelanjutan sambil juga menghadirkan Mobility for All, dan Toyota di Asia, sepenuhnya selaras dengan upaya ini.
Toyota sedang mengembangkan dan menghadirkan rangkaian lengkap kendaraan listrik ke pasar Asia untuk memperluas opsi netral karbon dan pengurangan karbon bagi pelanggan, termasuk listrik hibrida, listrik hibrida plug-in, kendaraan listrik baterai, dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen. Pilihan ini memberikan pilihan untuk memenuhi realitas ekonomi pelanggan yang beragam, sumber energi yang tersedia, kesiapan infrastruktur pengisian daya, kebijakan industri, dan beragam kebutuhan mobilitas pelanggan di setiap Negara.
Pendekatan ini akan membantu mencapai elektrifikasi yang dapat diakses dalam skala dan kecepatan, mendukung tujuan nasional yang diprioritaskan masing-masing negara, termasuk netralitas karbon, peningkatan kualitas udara, pengurangan impor minyak, pengembangan industri, dan lapangan kerja berkelanjutan sambil memberikan solusi mobilitas yang realistis. Dalam hal ini Toyota bertujuan untuk bekerja menuju netralitas karbon, berdasarkan prinsip dasar “Mobilitas untuk Semua” dimana ada tujuan untuk “Tidak Meninggalkan Seorang Pun”.
ROOKIE Racing dan partisipasi Toyota dalam balapan Buriram, menampilkan teknologi baru mesin hidrogen dan kendaraan berbahan bakar sintetik di wilayah tersebut. Selain itu, ini memperkuat komitmen Toyota untuk memperluas dan mempercepat pengembangan opsi mobilitas netral karbon ke Asia, melalui olahraga motor.
Pelajari tentang misi kami menuju Netralitas Karbon, melalui video ini di sini.
_______________________________________________________________________________________________
*1 Mesin hidrogen menghasilkan tenaga melalui pembakaran hidrogen menggunakan suplai bahan bakar dan sistem injeksi yang telah dimodifikasi dari yang digunakan pada mesin bensin. Kecuali untuk pembakaran oli mesin dalam jumlah kecil selama mengemudi, yang juga terjadi pada mesin bensin, mesin hidrogen mengeluarkan nol CO2 saat digunakan.
Tentang Toyota Motor Asia Pasifik
Toyota Motor Asia Pacific [TMAP] didirikan di Singapura dan merupakan kantor pusat perusahaan regional dan anak perusahaan Toyota Motor Corporation. TMAP memimpin dan mendukung kawasan Asia Pasifik dalam kegiatan penjualan dan pemasaran, suku cadang servis, aksesori, dan layanan pelanggan, sehingga berkontribusi terhadap pengembangan industri otomotif secara keseluruhan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.
Toyota membayangkan masyarakat mobilitas masa depan untuk menghadirkan kebebasan bergerak bagi semua orang. Ke depan, Toyota akan menyediakan beragam layanan mobilitas dan solusi transportasi kepada orang-orang di seluruh dunia saat kami mengubah Toyota menjadi perusahaan mobilitas.[***]