Kebijakan

Walkot Palembang Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Foto : istimewa

WALIKOTA Palembang Harnojoyo mengajak masyarakat di Palembang untuk mengurangi penggunaan plastik.

Ajak tersebut tertuang dalam surat edaran  Surat Edaran Nomor 48/SE/Bappeda Litbang/2019 tentang Gerakan  Pengurangan penggunakan sampah plastik.

Surat edaran tersebut diperkuat juga berdasarkan surat edaran Kementrian Lingkungan Hidup Nomor SE.3/UM/RT/SET/1/2/2018 tanggal  26 februari 2018 tentang himbuan  penyediaan hidangan  rapat bebas kemasan plastik dari  Perda  Kota Palembang Nomor 03 tahun 2015 tanggal 9 Juni  2015 tentang pengelolaan  sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah, maka dengan ini diwajibkan seluruh perangkat daerah /OPD agar mengurangi aktivitas penggunakan sampah plastik di perkantoran.

Dalam surat tersebut disebutkan setiap pelaksanaan rakor  rapat koordinasi dan sosialisasi atau lainnya  di Kantor Gedung ataupun Hotel tidak menyediakan hidangan rapat, seperti snackmenggunakan plastik, namun harus menggunakan kemasan yang organik seperti  daun atau kertas yang mudah terurai.

Setiap Kantin Sekolah,  Kantor dan lainnya tidak menjual makanan yang berkemasan plastik, melainkan makanan atau snack yang berkemasan organik yang mudah terurai.[**]

Penulis : sep

Comments

Terpopuler

To Top